TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Strategi Mengendalikan Pikiran agar Hidup Lebih Tenang dan Bahagia 

Pikiran menentukan kebahagiaan, lho! 

ilustrasi menenangkan pikiran (pexels.com/Oleksandr Pidvalniy)

Hidup memang penuh dengan beragam skenario yang tidak tertebak. Bombardir peristiwa dari beragam sudut kehidupan ini akhirnya membuat diri kita dipaksa terus melompat dari keadaan satu ke keadaan lain dengan cepat.

Mengendalikan keadaan itu tampaknya mustahil, bukan? Untuk itu, kendali pikiran menjadi strategi yang lebih pas untuk membangun rasa tenang dan bahagia dalam hidup. Kendalikan pikiranmu untuk kepuasan hidup yang lebih baik lagi menggunakan lima strategi ini, ya!

1. Kenali dan rangkul dengan meningkatkan kesadaran diri 

ilustrasi bercermin (pexels.com/Pavil Danilyuk)

Dirimu sendiri adalah pemilik kendali penuh atas tubuhmu, termasuk emosi dan pikiran. Ketiga elemen tersebut saling berhubungan satu sama lain, lho. Coba perhatikan, bagaimana pikiran dan emosi sangat mempengaruhi tindakan yang kita lakukan.

Nah, ketika kita mahir dalam mempertahankan kesadaran diri atau self awareness dalam keadaan apapun, maka kita akan mudah mengenali emosi apa yang sedang kita rasakan lalu merangkulnya dengan pikiran yang lebih terkontrol. Alhasil, hal ini mendorong kita pada perasaan tenang dan bahagia.

Baca Juga: 5 Strategi untuk Mengendalikan Kekecewaan, Biar Tak Jadi Kepahitan

2. Alihkan fokus dari hal-hal negatif 

ilustrasi berpikir positif (pexels.com/Elias Strale)

Ingatlah, bahwa pikiran dan emosi tidak selalu pada kondisi positif. Hal negatif inilah yang seringkali mencengkeram  kita lalu menancapkan cakar tajam pada pikiran kita. Alih-alih membiarkan diri pada cengkeramannya, bukankah lebih baik kita mengalihkan fokus ke hal baik lainnya saja?

Berpikir positif dapat mengurangi stres hingga depresi yang pada akhirnya membuat kehidupan kita lebih bahagia, lho. Bukan bermaksud pura-pura bahagia dengan mengabaikan masalah yang ada, namun menanggapinya dengan pikiran positif justru membuat ketakutan dan kekhawatiran berlebih kita jadi menghilang.

3. Lakukan cara alami melalui meditasi 

ilustrasi meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kondisi hidup yang beragam membuat pikiran kita jadi tidak terkontrol. Pikiran jadi mudah bercabang ke mana-mana hingga membuat kita stres sendiri. Lalu, bagaimana cara mengontrolnya? Meditasi menjadi salah satu solusinya.

Strategi alami ini mampu menenangkan dan memusatkan pikiran kita kembali. Memasukkan meditasi pada rutinitas sehari-hari membuat kemampuan pengendalian pikiranmu jadi semakin alami.

4. Dapatkan kekuatan dari visualisasi 

ilustrasi visualisasi (pexels.com/Kelvin Valerio)

Sadarkah kamu bahwa pikiran kita ternyata lebih kuat dari yang apa kita bayangkan? Cobalah menvisualisasikan tujuan pada pikiranmu secara berulang-ulang, hal ini ternyata mampu memberi kekuatan pada kita untuk bisa berhasil.

Menvisualisasikan tujuan seakan-akan menipu otak kita untuk yakin dengan hasil yang ingin kita capai. Dengan begitu, ketika tiba saatnya mengambil tindakan, pikiran kita sudah dalam keadaan siap.

Baca Juga: 5 Kebiasaan untuk Bantu Mengendalikan Emosi, Tenang di Segala Kondisi

Verified Writer

Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya