TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap yang Jadi Pemicu Rasa Insecure Dalam Diri, Wajib Kamu Buang!

#IDNTimesLife Biar kamu makin percaya diri

Pexels.com/Alex Green

Rasa insecure atau minder pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Namun, perasaan tersebut mustahil muncul begitu saja tanpa ada pemicunya. Ada pemicu yang kita sadari ada juga pemicu yang gak kita sadari namun secara perlahan justru malah makin menggerogoti kepercayaan diri.

Nah, jika kamu tengah bertanya-tanya apa sih yang sebetulnya jadi pemicu rasa insecure dalam diri kamu saat ini, beberapa sikap berikut bisa jadi pemicunya, lho. Penasaran, kan sikap apa saja yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

1. Terlalu sering menelan mentah-mentah komentar orang lain

Pexels.com/Kindel Media

Apa yang dilontarkan orang lain kepadamu memang ada beberapa yang sebaiknya kita pilah serta pilih untuk dijadikan masukan agar kita semakin baik lagi. Namun, gak semua komentar orang lain kamu telan secara mentah-mentah begitu saja, dong.

Ambil yang sekiranya akan mendatangkan kebaikan untukmu. Jangan semuanya kamu anggap masukan. Terlalu sering melakukan hal tersebut hanya akan membuatmu semakin insecure dan jauh dari rasa percaya diri, lho.

2. Betah berada di dalam zona nyaman

Pexels.com/Vlada Karpovich

Sikap yang jadi pemicu rasa insecure kamu adalah karena kamu takut untuk mencoba. Pikiranmu sudah kemana-mana bahkan sudah memikirkan skenario untuk gagal padahal kamu belum mencobanya sama sekali. Betah untuk berada di zona nyaman gak akan membuatmu berprogess.

Selain itu betah di zona ini juga gak akan membawa kamu kemana-mana. Sehingga, saat melihat teman lainnya sudah berlari cukup jauh yang tersisa hanya kamu dan rasa insecure kamu karena kamu gak mau untuk mencobanya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Insecure dengan Teman yang Tampak Mapan

3. Menganggap kegagalan adalah akhir dari segalanya

Pexels.com/Mike Greer

Kita semua pasti pernah merasakan kegagalan dalam hidup entah dalam hal apa pun itu. Namun, sebagai manusia yang bijak kita wajib bangkit dan memperbaiki diri supaya kegagalan yang pernah kita alami gak terulang lagi.

Rasa insecure kamu malah akan semakin menjadi jika terus-terusan kamu biarkan. Ayo bangkit dan jadikan kegagalan tersebut sebagai senjata untuk melawan rasa insecure dalam diri kamu.

4. Keras terhadap diri sendiri tapi bisa maklum dengan orang lain

Pexels.com/RODNAE Productions

Kamu pasti pernah berada di fase yang satu ini, deh. Dimana kamu selalu menetapkan standar yang tinggi untukmu bahkan mungkin kamu sendiri kesulitan untuk meraihnya namun, kamu selalu punya pemakluman atas orang lain.

Saat mereka berbuat A kamu bisa memaklumi hal tersebut tapi, saat dengan dirimu sendiri kamu justru malah selalu bersikap keras. Sikap-sikap seperti inilah yang pada akhirnya jadi pemicu rasa insecure dalam diri kamu. Untuk itu, jangan terlalu keras ya terhadap diri sendiri.

Baca Juga: 5 Sikap yang Tak Disengaja Bikin Pacar Insecure Sama Kamu

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya