TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Lawan Rasa Malas untuk Menulis yang Wajib Dicoba

Melawan rasa malas bisa bikin kamu lebih produktif

ilustrasi sedih (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa malas kerap melanda kapan saja. Perasaan ini muncul dalam berbagai macam kegiatan sehari-hari. Tak terkecuali kegiatan menulis. Membiarkan rasa malas untuk menulis hanya akan membuat kita jadi kurang produktif dalam berkarya. Gak jarang, banyak tulisan kita jadi mulai terbengkalai.

Bila rasa malas tidak segera dilawan, maka hal-hal lain juga akan ikut terkena imbasnya. Maka dari itu, buat kamu yang sering mager, berikut tips lawan rasa malas untuk menulis yang wajib dicoba.

1. Ingat kembali tujuan utama dalam menulis 

ilustrasi daftar tujuan utama dalam menulis (Pexels.com/Ivan Samkov)

Setiap kegiatan yang kita lakukan pasti punya tujuan. Begitu pun saat menulis. Pasti ada tujuan utama yang ingin kita raih. Masing-masing tujuan antara penulis satu dan lainnya pun berbeda. Karenanya, kamu harus fokus dengan tujuan utama yang ingin diwujudkan.

Tujuan utama dalam menulis bisa beragam, ada yang ingin menghasilkan uang, dilombakan, membuat buku, dan sebagainya. Coba ingat lagi apa yang jadi tujuan utama kamu. Kalau sudah, dijamin rasa malas di dalam diri bisa kamu lawan.

2. Begitu muncul ide langsung dieksekusi, yuk!

ilustrasi seseorang sedang menulis (Pexels.com/Judit Peter)

Rasa malas untuk menulis biasanya berdampak pada produktivitas. Saat muncul ide untuk menulis, sebaiknya langsung dieksekusi saat itu juga. Kalau belum sanggup menyelesaikan satu tulisan penuh, kamu bisa memulai dengan menuliskan beberapa kalimat untuk paragraf serta poin-poin penting.

Ide yang datang tak melulu menghampiri setiap saat. Beda jam, beda suasana ide yang mampir pun berbeda. Kesempatan baik seperti ini jangan disia-siakan, terlebih membiarkan ide cemerlang menguap begitu saja. Dengan langsung menerapkan teknik ini, dijamin kamu gak bakal mager dan bisa melawan rasa malas untuk menulis, deh.

Baca Juga: 6 Cara Lawan Rasa Malas Kerja Usai Libur Panjang

3. Latihan disiplin dengan diri sendiri 

ilustrasi seseorang sedang mengetik di laptop (Pexels.com/Ivan Samkov)

Terkadang kita bisa menepati janji dengan orang lain, tapi gak jarang kerap berperilaku kurang disiplin hingga jujur terhadap diri sendiri. Hal yang paling jelas terlihat adalah kita sulit berkomitmen terhadap diri sendiri. Meski menulis tergolong hobi, gak ada salahnya juga berlatih disiplin dengan diri sendiri lewat cara yang satu ini.

Coba luangkan waktu 10-30 menit dalam sehari untuk menulis. Tulis apa saja yang ada di dalam isi kepalamu, lalu tuangkan ke dalam kata-kata. Langkah ini bisa membantu kamu membentuk kebiasaan baru yang membuatmu lebih disiplin.

4. Cari tahu hambatan yang membuatmu malas

ilustrasi seorang wanita stress di depan laptop (Pexels.com/energepic.com)

Kegiatan menulis terbilang hobi yang cukup sederhana dan bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Namun, karena dianggap sederhana, itulah banyak yang akhirnya meremehkan kegiatan menulis itu sendiri.

Salah satu dampaknya adalah muncul beberapa hambatan yang membuat seseorang jadi malas untuk menulis. Hambatan yang ditemui cukup beragam. Bisa berasal dari dalam diri penulis itu sendiri maupun dari lingkungan sekitar. Kalau hambatan dari luar diri penulis kita jelas bisa dengan cepat menemukan solusinya.

Lantas, bagaimana kalau hambatan itu justru dari dalam diri sendiri? Caranya dengan mempelajari serta mengenali diri sendiri. Gali terus hambatan itu dan temukan jalan keluar untuk mengatasinya agar bisa kembali produktif dan menghasilkan banyak karya.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Menulis Novel Lebih Cepat dan Berkualitas, Efektif!

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya