TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Konsisten Baca Buku, Wajib Terapkan 5 Tips Ini!

Membangun habit baca buku mulai dari hal kecil

ilustrasi membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang memiliki segudang manfaat. Karena selain menambah wawasan, membaca buku dapat membentuk karakter kita.

Akan tetapi permasalahannya, membangun habit baca buku pada awalnya memang sulit untuk dilakukan. Karena tak jarang kita malas dan tidak sempat meluangkan waktu untuk membaca buku. Pernahkah kamu mencoba membangun habit ini, tetapi masih kesulitan untuk konsisten membaca buku? 

Simak 5 tips berikut ini supaya kamu bisa konsisten membaca buku di setiap harinya, yuk!

1. Tentukan target

ilustrasi menulis catatan (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Buatlah target sebelum membaca buku. Pilihlah buku yang kamu sukai dulu. Entah itu buku dengan genre fiksi, komik, atau non fiksi.

Setelah itu, tentukan target harian berapa banyak halaman yang akan kamu baca setiap harinya. Misal satu halaman setiap hari. Tidak harus langsung banyak-banyak. Sedikit pun tidak apa-apa asalkan bisa konsisten.

Baca Juga: 5 Inspirasi Hadiah Buat Orang yang Gemar Membaca Buku, Biar Terpakai!

2. Letakan buku yang kamu baca di dekatmu

ilustrasi membaca buku (pexels.com/cottonbro)

Untuk memudahkan kamu membaca buku secara konsisten, letakan buku yang sedang kamu baca di tempat yang sering kamu kunjungi.

Misalnya, di samping tempat tidur atau di meja belajarmu. Karena dengan meletakan buku di dekatmu, kamu akan terus teringat dengan buku yang sedang kamu baca.

3. Tentukan waktu yang sama untuk membaca buku

ilustrasi membaca buku (pexels.com/Min An)

Tentukan waktu yang sama setiap harinya ketika kamu membaca buku. Sesuaikan alokasi waktu untuk membaca ini dengan jadwal harianmu.

Pilihlah waktu yang mana sekiranya kamu jarang melakukan kegiatan. Misalnya, pagi hari sebelum memulai aktivitas lain. 

4. Hindarkan dirimu dari distraksi saat membaca

ilustrasi stopwatch di smartphone (pexels.com/Castorly Stok)

Di era digital, kita sangat mudah untuk terdistraksi oleh notifikasi handphone ketika melakukan suatu kegiatan, termasuk membaca buku. Sebelum membaca buku, pastikan tidak akan ada hal yang bakal mengganggu fokusmu.

Kalau kamu tipe orang yang tidak bisa jauh dari smartphone, kamu bisa juga gunakan aplikasi Pomodoro. Atur waktu yang kamu inginkan supaya tidak ada yang mengganggumu ketika kamu membaca.

Baca Juga: 5 Kelebihan Membeli Buku Bekas, Stop Beli Buku Bajakan!

Writer

Annisa Rahmasari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya