TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jaga Kesehatan Mental, Lakukan 5 Hal Ini dalam Bermedia Sosial

#GoodLife Jaga kesehatan mentalmu saat bermedia sosial ya!

Unsplash/rawpixel

Media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat dari generasi ke generasi. Tidak peduli tua, muda, bahkan anak-anak, semua sudah memiliki akses untuk bisa berselancar di media sosial. Yang patut disayangkan dari kemudahan ini adalah penggunaannya yang tidak bijaksana karena media sosial sering disalahgunakan. 

Sebagai generasi yang cerdas, alangkah baiknya kita tidak mengikuti arus orang-orang yang keliru dalam memanfaatkan media sosial. Kalau perlu, kita seharusnya bisa mengarahkan mereka ke jalan yang lebih baik dan benar agar dampak negatif dari media sosial dapat ditekan semaksimal mungkin. Dengan demikian, yang tersisa hanya kenyamanan bermedia sosial dan manfaat luar biasa yang dapat dipetik dari penggunaannya.

Jika kamu ingin menjadi agen yang bisa menyebarkan pola bermedia sosial yang sehat mental, berikut ini 5 hal yang dapat kamu lakukan.

1. Menggunakan second account sebijaksana mungkin

Unsplash/rawpixel

Tidak sedikit dari kasus cyber bullying yang ada bersumber dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang menggunakan akun bodongnya untuk menebar ujaran kebencian. Kepada siapapun hendak memberikan kritik, tidak semestinya mengkritik habis-habisan tanpa ada solusi pemecahan masalah. Parahnya lagi, menghujat menggunakan akun bodong seakan menjadi jalan pintas bagi pengguna media sosial yang memang hobi sekali mengurusi kehidupan orang lain.

Sebagai pribadi yang cerdas, hindari melakukan hal ini. Apabila hendak memberikan kritik, pastikan berilah kritik yang membangun, bukan yang malah menjatuhkan. Jemarimu, harimaumu jadi bijaklah bermedia sosial dengan bijak pula menggunakan second account.

2. Manfaatkan fitur yang ada di media sosial dengan cerdas

Unsplash/Jezael Melgoza

Telah banyak fitur seperti mute untuk menekan informasi yang tidak kamu inginkan. Tidak perlu menciptakan masalah baru dengan menyindir seseorang yang tidak kamu suka di media sosial. Kalau kamu merasa sungkan meng-unfollow akun orang tersebut, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan mentalmu dengan memanfaatkan fitur mute yang ada.

Baca Juga: [OPINI] Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Kehidupan

3. Tidak perlu terpancing ‘perang’ di media sosial

Unsplash/Thom Holmes

Biasanya yang mudah terpancing perang adalah teman-teman yang merasa sebagai bagian dari golongan tertentu. Kamu mungkin akan tersinggung dengan pendapat outgroup mengenai kalanganmu. Kamu merasa butuh membela kelompokmu. Dengan demikian, cara terbaik untuk menghadapi situasi seperti ini adalah menjadi bijaksana. 

Tidak perlu ikut-ikutan arus menghujat mati-matian, cukup berpendapat dengan elegan tanpa balas menyindir. Selain akan membuatmu lebih damai, kamu juga tidak akan menambah daftar panjang perang antar kubu.

4. Penat bermedia sosial? Kamu butuh istirahat!

Unsplash/rawpixel

Tidak selamanya kamu akan menikmati bermain-main di media sosial. Ada kalanya kamu butuh waktu untuk benar-benar tidak menyentuh semua itu. Be here and now. Jangan sampai manfaat media sosial yang bisa mendekatkan yang jauh malah jadi sebaliknya. Kamu harus ingat bahwa life is more than social media. Jika kamu sedang berada dalam suatu forum di dunia nyata, pastikan dirimu benar-benar hadir dalam forum itu lahir dan batin.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Penting Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Mental

Verified Writer

Annisa Widi

Bachelor Degree of Psychology. Penyuka buku, mawar peach, matcha, dan kopi susu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya