TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengambil Kepercayaan dari Orang Lain, Kamu Wajib Tahu!

Bukan perkara mudah untuk ambil kepercayaan dari orang lain

freepik.com/ArthurHidden

Setiap orang pastinya pernah melakukan sebuah kesalahan. Sialnya, kesalahan tersebut dapat berdampak pada hilangnya kepercayaan orang lain terhadap diri kita. Pastinya kita semua berharap seseorang dapat kembali percaya kepada diri kita setelah melakukan sebuah kesalahan.

Banyak orang yang kebingungan untuk memulai dari mana dalam hal mengembalikan kepercayaan orang lain terhadap diri mereka. Bagi kamu yang mengalami hal tersebut, berikut lima tips untuk mengembalikan kepercayaan dari orang lain yang wajib kamu coba. 

1. Meminta maaf dengan tulus

freepik.com/cookie_studio

Awal yang paling baik untuk mengawalinya ialah dengan minta maaf dengan setulus mungkin. Tulus di sini bukan berarti memaksakan kehendak terhadap dirinya atau harus menangis di hadapannya, melainkan bagaimana kamu bisa mengungkapkannya dari hati ke hati. Jangan ragu untuk menatap mata atau memegang tangannya ketika meminta maaf jika itu diperlukan. 

Alangkah baiknya jika kamu berlatih meminta maaf terlebih dahulu sebelum kamu benar-benar melakukan hal tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari salah pengucapan yang membuat permintaan maafmu berantakan. Kamu dapat berlatih di depan cermin atau mengajak temanmu untuk dijadikan objek latihan. 

2. Meminta pendapat darinya

freepik.com/wayhomestudio

Jangan ragu untuk meminta pendapatnya mengenai apa yang harus kamu lakukan untuk menebus kesalahanmu. Kamu juga bisa menanyakan kepadanya mengenai apa yang harus diperbaiki dari diri kamu. Pastinya harus semua permintaan atau masukan harus kamu laksanakan.

Meskipun begitu, pastikan mendengarkannya dengan tulus dan sungguh-sungguh saat dirinya memberikan pendapat. Dengan meminta pendapat darinya, setidaknya kamu telah mengirimkan pesan bahwa kamu sangat sungguh-sungguh untuk mendapatkan kepercayaan darinya kembali.

Baca Juga: Percaya Gak Percaya, 7 Kisah Penampakan UFO dan Alien, Culik Manusia?

3. Tunjukkan bahwa terdapat perubahan positif pada dirimu

freepik.com/wayhomestudio

Setelah menerima saran darinya, pastikan kamu melakukan saran tersebut setelah kamu menyaringnya dengan matang. Setelah kamu melakukan saran darinya, kamu sebenarnya tidak perlu mengatakannya setelah melakukan sarannya. Kamu cukup melakukan pendapatnya dengan konsisten dan sungguh-sungguh.

Secara langsung atau tidak langsung dirinya akan dengan sendirinya mengetahui usahamu untuk memperbaiki kesalahanmu sebelumnya. Dengan hal itu, kemungkinan besar dirinya sudah kembali percaya kepadamu. 

4. Buatlah hubungan baru yang lebih segar

freepik.com/wayhomestudio

Tak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan perlakuan yang berbeda setelah kamu kehilangan kepercayaan darinya. Misalkan, bos kamu yang memberimu tugas yang lebih mudah dari sebelumnya. Lalu, mungkin pasanganmu yang mulai canggung ketika bertemu denganmu. 

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan dalam kondisi tersebut ialah menciptakan hubungan baru yang lebih segar. Kamu bisa memulainya dengan bagaimana kamu berbicara kepadanya (misalkan lebih sopan), bagaimana kamu mendengarkannya, atau bagaimana kamu merespon dia ketika meminta bantuan. 

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Tetap Percaya Diri meski Melajang di Usia Matang

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya