TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inspiratif! 5 Quotes Stephen Hawking Ini yang Bisa Mengubah Mindsetmu

Rest in Peace, Stephen Hawking

sputniknews.com

Stephen Hawking yang dikabarkan telah tutup usia pada usia ke 76 tahun ternyata telah banyak memberikan sumbangan pengetahuan yang sangat besar kontribusinya bagi keilmuan dan dunia modern saat ini. Meskipun ia didiagnosa mengalami disabilitas pada usia 21 tahun dan tidak akan bertahan melebihi 2 tahun, ia ternyata membuktikan bahwa kemauannya untuk hidup dan menciptakan perubahan ternyata lebih besar daripada penyakit yang menyerangnya.

Kisah hidupnya banyak menginspirasi orang-orang untuk terus bangkit meskipun keadaan menghalanginya. Dan ini beberapa kutipan dari Stephen Hawkins yang bisa membuatmu terus termotivasi untuk melangkah maju melewati batas!

1. Tidak memandang kekurangan sebagai penghalang

nytimes.com

Pesanku kepada orang-orang disabilitas lainnya ialah : fokus lah kepada sesuatu hal dimana kekurangan tersebut tidak bisa menghalangimu melakukan pekerjaan dengan baik dan jangan menyesali sesuatu hal yang terhalangi oleh disabilitas tersebut. Meskipun disabilitas itu menghalangimu secara fisik, jangan pula hal menjadi penghalangmu untuk terus semangat.

Pesan tersebut mengajak kita untuk terus mengembangkan kelebihan yang kita miliki dibandingkan hanya menggerutui kekurangan apa yang kita miliki. Dan meskipun banyak halangan yang menghadang, kita harus tetap maju dan jangan mudah untuk menyerah dengan keadaan. Pesan ini disampaikannya ketika melakukan wawancara dengan majalah The New York Times pada tahun 2011 lalu.

2. Semua penemuan hebat dimulai dari rasa penasaran

scmp.com

Lihatlah ke langit dan jangan hanya menunduk ke bawah. Cobalah untuk mencari penjelasan dari apa yang kamu lihat dan bertanya lah mengapa alam raya ini bisa terbentuk. Jadilah penasaran!

Pesan ini menyadarkan kita untuk tidak hanya melewati hari-hari begitu saja, melainkan terus mempertajam rasa penasaran kita dan mencari tau jawaban atas rasa penasaran tersebut. Ilmuwan-ilmuwan hebat selalu lahir dari rasa penasaran mereka terhadap sesuatu dan mereka tak pernah menyerah untuk mencari tau jawabannya.

Kutipan pesan ini disampaikan Stephen Hawking disaat ia menyampaikan pidato pada saat perayaan ulang tahunnya yang ke-70. Pada saat pidato, ia pun menyampaikan bahwa temannya pernah bertaruh bahwa ia tidak akan mencapai apapun yang diinginkannya. Tapi ternyata ia bisa mematahkan taruhan temannya tersebut.

3. Keserakahan manusia hanya akan menyebabkan kerusakan bagi manusia

boingboing.net

Kita sedang dalam bahaya yang menghancurkan diri kita sendiri atas dasar keserakahan dan kebodohan kita. Kita tidak dapat memberi makan diri kita dengan porsi makan yang sedikit, menimbulkan polusi yang semakin tinggi dan planet yang penuh sesak

Manusia memang tidak pernah ada puasnya. Meskipun kita sudah berkecukupan, kita selalu menginginkan lebih dan lebih yang pada akhirnya akan merugikan diri kita sendiri.

4. Manusia dibentuk dari fikirannya tentang dirinya sendiri

fortune.com

Saya pikir seharusnya virus-virus komputer dianggap sebagai kehidupan. Saya pikir mereka mengajarkan tentang hakikat manusia bahwa satu-satunya bentuk kehidupan yang kita ciptakan dalam pikiran kita ialah untuk menghancurkan

Pesan ini benar-benar menggambarkan realita kehidupan manusia dimana banyak orang yang hanya berniat untuk menghancurkan bumi hanya untuk kepentingannya sendiri. Namun perilaku tersebut bisa diubah jika kita mengubah pandangan terhadap diri kita sendiri bahwa kita adalah penyelamat bumi ini.

Verified Writer

Sunny Qurani

coffee enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya