TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Ini akan Membuatmu Jadi Seorang Jenius yang Kreatif

Luapkan total potensimu

ajjuliani.com

Dalam tes psikologi, ketika kita mengukur kreativitas anak-anak, hampir semua dari mereka akan terukur sebagai "super kreatif". Sayangnya hanya sebagian kecil sekali orang dewasa yang berada pada level kreatif itu. Apa yang menyebabkan itu terjadi? Sistem kurikulum pendidikan yang terlalu kaku bisa makin lama mengurung kreativitas seseorang. Namun bukan berarti gak ada jalan keluar agar kamu bisa kembali jadi super kreatif. Inilah 5 cara di antaranya!

1. Selalu bawalah buku catatan dan pensil/pulpen ke mana pun

gearpatrol.com

Ide itu seperti tamu yang gak diundang, kamu gak tahu kapan mereka bakal datang. Dengan selalu membawa buku catatan dan alat tulis, kamu akan selalu bisa menangkap ide yang datang tiba-tiba padamu. Banyak seniman internasional seperti Leonardo da Vinci selalu menerapkan ini. Buku catatannya selalu penuh dengan berbagai gambar, yang akhirnya benar-benar menjadi ciptaannya.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuat Orang Menuruti Kemauanmu

2. Jangan segan untuk mengajukan pertanyaan dan mempertanyakan berbagai hal

apia.org.nz

Pertanyaan adalah akar dari segala ilmu pengetahuan dan kreativitas. Dengan terus berusaha menemukan jawaban kehidupan di sekeliling kita, sebenarnya kita sedang membuat api kreativitas kita makin membara. Kamu bisa menanyakan pada dirimu sendiri dan orang lain tentang apa itu kebijaksanaan, apa itu makna cantik dan lain sebagainya. Kamu juga perlu mencari jawaban pertanyaan remeh, agar lebih menghargai keindahan sesuatu yang biasa disepelekan.

3. Bacalah berbagai artikel atau buku sebanyak mungkin

popsugar.com

Membaca akan meningkatkan kemampuan berpikirmu dan membuatmu mengalami sudut pandang yang berbeda dalam berbagai kejadian. Ketika kita membaca buku, seringkali kita akan pasrah melepaskan perspektif kita sendiri dan mencoba memahami pola pikir karakter yang diceritakan. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak yang akan kamu pahami dari berbagai sudut pandang berbeda. Tentunya ini akan membuatmu jadi jauh lebih kreatif dari sebelum-sebelumnya.

4. Selalu berusahalah untuk merasakan berbagai pengalaman baru

thoughtco.com

Pikiran kita itu ibarat sebuah taman atau kebun. Jika gak dirawat dengan baik, tumbuhan liar atau hama akan mengambil alih, gak ada yang bisa membuatnya tetap segar selain mempelajari hal-hal baru. Kalau kamu ingin mengembangkan kreativitasmu, maka pelajarilah hal baru. Kamu bisa memilih apapun untuk dipelajari, misalnya bahasa baru, alat musik baru, fotografi, olahraga atau aktivitas apapun yang di luar kebiasaanmu.

Baca juga: 12 Hal Ini Harus Berhenti Kamu Lakukan untuk 12 Bulan ke Depan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya