TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips untuk Membuat Kepercayaan Dirimu Meledak dan Membahana

Untuk saat pentingmu

unsplash.com/Jonas Kakaroto

Rasa gugup dan pesimis sudah sewajarnya bisa dialami siapapun, termasuk kamu. Perasaan rapuh ini seringkali muncul karena tidak rasa tidak percaya ataupun jiwa perfeksionis. Rasa ini bisa terjadi mulai dari akan menampilkan sesuatu di atas panggung, presentasi tugas besar atau skripsi sampai presentasi ke klien.

Kalau kamu menyadari bawa ketidak-pedeanmu ini adalah kekurangan yang perlu diperbaiki, maka kamu perlu tau caranya. Dari berbagai sumber, berikut ini 7 tips untuk membuat kepercayaan dirimu meledak dan membahana!

1. Tenangkan dirimu dan “berpura-puralah” seakan kamu memang percaya diri

unsplash.com/Jon Ly

Tiap orang punya cara tersendiri dalam menenangkan diri dan kamu perlu menemukan cara terbaikmu. Mengatur nafas adalah cara yang paling sederhana. Masih gugup juga? Coba bertingkah dan bersiikap seperti orang yang percaya diri. Mulai dari cara duduk, cara berjalan, cara berdiri, cara berbicara dan semua gestur tubuhmu yang lain seperti cara mengangguk.

2. Jaga kondisi dirimu seprima mungkin

huffingtonpost.com

Kondisi yang tidak prima juga bisa mengganggu konsentrasimu. Oleh karena itu, sebelum menghadapi hari pentingmu, jaga kondisimu dengan baik. Minum vitamin, istirahat yang cukup, sempatkan berolahraga dan jangan makan atau minum yang berisiko membuatmu sakit.

Baca juga: Ini 11 Tanda Bahwa Kamu Orang yang Gak Bakal Dijauhi Orang Lain

3. Bangun dirimu ke arah yang memang benar-benar kamu sukai

usatoday.com

Pengalaman adalah salah satu kunci terpenting dalam membangun kepedeanmu. Pengalaman akan makin berpengaruh positif jika itu berhubungan dengan hal yang kamu sukai dan kamu cita-citakan. Jadi perbanyak pengalaman yang berhubungan dengan itu agar kamu bisa berkembang sesuai impianmu. Lagi pula dengan menjalani hal yang kamu sukai, itu akan mengurangi rasa gugupmu.

4. Persiapkan segala sesuatunya dengan sematang mungkin

unsplash.com/Nathan Dumlao

Persiapan yang matang dalam materi yang akan kamu bawakan baik dalam penampilan, presentasi atau wawancara akan membuatmu lebih terjaga emosinya. Kamu jadi hanya perlu konsen untuk membangun pembawaan dirimu. Kalau kamu orang yang perfeksionis, anggap saja kamu sudah mempersiapkan materi versi terbaik yang bisa kamu lakukan.

5. Lakukan visualisasi bahwa kamu akan berhasil

unsplash.com/Scott Webb

Bayangkan akan seperti apa waktu kamu beraksi dan bagaimana kondisi saat kamu sukses melakukannya. Imajinasikan itu terus di kepalamu agar semua tindakanmu mengarah ke sana. Percayalah bahwa semesta akan ikut membantumu mencapai ke sana.

6. Jauhkan dirimu dari orang-orang yang membuatmu down

unsplash.com/Luke Bender

Tekanan dan ikut campur dari pihak luar seringkali bisa mengganggu persiapanmu. Jika ada orang yang memberi nasihat dan kamu merasa itu membangun, kamu bisa menampungnya untuk bekal persiapanmu. Namun jika kamu sudah merasa dikecilkan dari awal perkataan seseorang atau kamu sudah mengenal bahwa orang tersebut suka membuat orang lain down, katakan padanya bahwa kamu butuh waktu sendiri untuk mempersiapkan aksimu.

Baca juga: 7 Hal yang Menurutmu Penting, Padahal Manfaatnya Gak Berlangsung Lama

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya