TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatasi Kebingungan saat Memulai Hal Baru, Yuk Terapkan!

Harus yakin dan percaya diri

ilustrasi orang bingung (unsplash.com/ahmad gunnaivi)

Mencoba hal baru memang terasa menyenangkan. Apalagi sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Meskipun terkadang banyak hal tak terduga yang menuntut untuk lekas diselesaikan, tapi tak ada salahnya mencoba dan mengusahakan yang sebaik-baiknya. 

Pada umumnya, seseorang yang memulai hal baru tidak bisa secepatnya mahir menjalankan tugasnya. Ada saatnya akan merasa kebingungan dan penuh rasa khawatir yang justru menghambat produktivitasnya. Nah, berikut adalah lima tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi kebingungan tersebut. Keep scrolling!

1. Mengerjakan dari hal sederhana yang dirasa mampu

ilustrasi menulis (unsplash.com/Brooke Cagle)

Kebingungan terjadi bisa juga diakibatkan mengerjakan hal-hal yang tidak disukai. Mulailah untuk menyesuaikan kondisi terlebih dahulu dan mengerjakan dari hal yang dirasa mampu. Sebab segala sesuatu yang dipaksa untuk bisa, namun belum ada kemampuan di dalamnya jelas akan terasa sulit.

Nah, solusi yang bisa kamu lakukan adalah mencoba dan terus mengembangkannya secara perlahan. Memperbanyak bertanya ke orang lain bisa juga memberikanmu arahan dan pencerahan. Kurangi rasa cemas berlebihan akan penilaian orang lain terjadapmu, karena melakukan kesalahan bukan sebuah hal yang memalukan. 

Baca Juga: 5 Tantangan yang Dihadapi Penulis Pemula, Pernah Kebingungan Judul?

2. Percaya diri dan tidak perlu ragu saat menjalaninya

ilustrasi presentasi (unsplash.com/Product School)

Hal baru memang membuat siapapun enggan dan malu dalam mencobanya. Namun, di sini kepercayaan diri yang tinggi bisa meredam rasa bingung seseorang. Cobalah untuk yakin dan percaya dengan kemampuan bahwa kamu bisa. Meskipun nantinya ada banyak kendala, kamu masih bisa menemukan solusinya.

Perlahan namun pasti, kepercayaan diri akan semakin terlihat dan menjadikanmu lebih bersemangat. Adapun supaya kamu lebih percaya diri, salah satu caranya adalah memaksa untuk melakukannya. Tidak perlu khawatir terkait hasil akhir yang penting kamu sudah berusaha belajar dan mencobanya semaksimal mungkin.

3. Bertanya kepada orang lain yang lebih mengerti

ilustrasi penulis (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Kesulitan dalam memahami hal baru bisa saja terjadi karena belum menguasai ilmunya. Nah, pada kasus ini kamu bisa bertanya dengan orang-orang di sekitar yang bisa saja lebih berpengalaman. Oleh karena itu, skill bersosialisasi sangat kamu butuhkan dan terapkan di sini.

Jangan takut terlebih dahulu, karena bisa jadi itulah yang akan membantumu mengatasi kebingungan yang ada. Meskipun nantinya kamu harus selektif dalam berkonsultasi dengan orang lain, itu bukan masalah besar. Sebab tidak semua orang akan peduli dengan kebingungan yang kamu alami. 

4. Menerima masukan dan saran untuk lebih berkembang

ilustrasi mengobrol (unsplash.com/Anna Vander Stel)

Selalu ada yang harus diperbaiki dari setiap kesalahan. Maknanya, ketika kamu mendapatkan kritik ataupun saran dari hal baru itu, cobalah menerimanya dan mengakui kesalahan yang ada. Menerima bukan berarti kamu tidak mampu, melainkan masih banyak yang perlu diperbaiki untuk ke depannya supaya lebih baik lagi. 

Satu persatu orang yang ada di sekitar kamu bisa saja lebih mendukung, meskipun ada juga yang tidak suka dengan perubahan lebih baik dari dirimu. Fokus saja pada diri sendiri, jangan terus menerus menyalahkan kondisi. Setidaknya setiap harinya ada progres dan perkembangan dan kebingungan kamu perlahan berkurang. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Mulai Kebingungan dalam Mengatur Skala Prioritas

Verified Writer

Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya