TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Jadikan Capaian Orang Lain Sebagai Patokan Bukan Tindakan Bijak

Mending bangun mimpimu sendiri, deh

unsplash/@rawpixel

Saat sekolah, pernah gak kamu membandingkan nilai yang kamu dapat dengan nilai punya temanmu? Atau kamu mengincar untuk menduduki posisi dia dalam peringkat kelas? Ini nih contoh sederhana bahwa kamu sudah menjadikan capaian orang lain sebagai patokan. 

Dalam dunia kerja pun, bukan mustahil kamu masih melakukan hal ini. Misal, ketika si A mendapat jabatan tertentu, kamu memiliki mimpi untuk merebut posisi tersebut. Nah, itu tandanya bahwa kamu menjadikan apa yang dimiliki orang lain sebagai milikmu. 

Beberapa dari kita akan mewajarkan hal ini dan menganggapnya sebagai motivasi. Padahal nyatanya, tindakan ini gak bisa dibenarkan lho. Kamu boleh memiliki mimpi, tapi buatlah mimpimu sendiri dan gak membandingkan pencapaianmu dengan apa yang diraih orang lain. Ini nih alasan kamu harus berhenti menjadikan pencapaian orang lain sebagai patokan.

1. Karena kemampuan setiap orang beda-beda

unsplash/@andrewtneel

Setiap orang diciptakan dengan keunikan dan kemampuan yang berbeda-beda. Menjadikan capaian orang lain sebagai patokan kesuksesanmu gak akan pernah ada akhirnya karena kamu dan orang tersebut pasti memiliki perbedaan. Bahkan, rezeki setiap orang pun sudah ditentukan sendiri-sendiri. Makanya membandingkan diri dengan orang itu sangat gak dianjurkan.

Baca Juga: 5 Motivasi Buat Kamu yang Belum Berpenghasilan Sendiri

2. Kamu tidak akan pernah merasa bersyukur

unsplash/@yoelpetterson

Melihat apa yang diraih orang lain akan membuat kamu sulit bersyukur. Entah kenapa kamu akan selalu merasa kurang dan ingin selalu mengejar ketertinggalanmu dibanding orang tersebut. Kamu juga mungkin akan merasa bahwa hidup ini tidak adil dan bisa jadi kamu mungkin akan menyalahkan Sang Pencipta.

3. Dipenuhi rasa iri terhadap orang lain

dramabeans.com

Bagaimana jadinya jika kamu selalu menginginkan apa yang dimiliki orang lain? Tentunya hatimu akan penuh dengan rasa iri dan dengki. Apalagi jika orang tersebut mendapat capaian baru yang belum bisa kamu raih. Duh, bisa-bisa kamu bakal uring-uringan sendiri gara-gara hal itu.

4. Kamu mungkin akan mulai menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan orang lain

unsplash/@rawpixel

Karena menjadikan capaian orang sebagai patokan, kamu mungkin akan mulai berpikir untuk menjatuhkan orang tersebut. Berbagai macam cara hingga yang gak benar sekalipun bisa jadi akan kamu lakukan. Meskipun tau itu gak baik, tapi kamu sudah terlalu terobsesi untuk mendapatkan apa yang didapat orang tersebut. Duh, jangan sampai begini ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Mulai Membandingkan Dirimu Sendiri dengan Orang Lain

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya