TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Harus Bertanggung Jawab dalam Hidup, Kendali Ada Padamu!

Kamulah yang menentukan jalan hidupmu

ilustrasi orang bekerja (pexels.com/ThisIsEngineering)

Menjalani hidup dengan sembarangan atau dengan penuh tanggung jawab adalah pilihan setiap orang. Gak ada yang akan memaksa kita untuk memilih pilihan mana yang akan diambil. Sebab pada akhirnya, kita juga yang akan menjalani kehidupan ini.

Selama gak merugikan orang lain, gak ada salahnya bagi kita untuk memilih menjalani hidup dengan santai dan tanpa banyak beban. Akan tetapi, ada beberapa alasan lain yang justru menguatkan kita untuk lebih memilih bertanggung jawab atas hidup ini. Yuk, simak lima poinnya berikut ini. 

1. Kita yang akan menanggung semua risiko dari keputusan yang diambil

ilustrasi orang beristirahat (pexels.com/Eren Li)

Ingatlah bahwa satu-satunya orang yang akan menanggung akibat dari segala perbuatan yang dilakukan adalah diri kita sendiri. Pada akhirnya, sepandai apa pun kita melempar kesalahan kepada orang lain, suatu saat nanti kita akan kena batunya juga. Jadi, daripada menghindar dari awal, jauh lebih baik jika kita belajar tanggung jawab sejak dini.

Mengemban tanggung jawab akan membuat kita berhati-hati dalam segala tindakan dan keputusan yang diambil. Agar ke depannya gak perlu ada risiko terlalu besar yang perlu kita hadapi. 

2. Tanggung jawab mengajarkan kita untuk lebih bijak dalam bersikap

ilustrasi self reward (pexels.com/Julia Volk)

Pastinya, mengemban tanggung jawab membuat kita lebih sadar akan segala tindakan yang dilakukan. Kita jadi lebih berhati-hati, lebih cermat, dan lebih bijak dalam segala hal. Sebab kita tahu bahwa nantinya semua itu akan memerlukan pertanggungjawaban kita.

Tindakan ceroboh sekecil apa pun harus mampu kita hadapi. Apalagi jika itu adalah sebuah kecerobohan besar. Maka jika gak ingin menghadapi hal demikian, kita akan bersikap sebijak mungkin dari awal. 

Baca Juga: 5 Cara Berbagi Peran dalam Rumah Tangga, Tanggung Jawab Berdua

3. Tanpa rasa tanggung jawab, masa depan suram siap menanti

Ilustrasi orang termenung (pexels.com/RODNAE Productions)

Gak punya tanggung jawab hanya akan menuntun kita pada kegagalan. Berbagai tindakan yang diambil dengan sembrono, keputusan yang dipilih tanpa dipikirkan dengan cermat, serta sikap yang ceroboh, pasti akan menggiring kita pada sebuah akhir yang gak menyenangkan. Inilah kenapa kesadaran akan tanggung jawab sangatlah penting.

Semakin kita dewasa, harusnya kita akan semakin sadar dengan fakta tersebut. Jadi, apa yang kita lakukan dan putuskan juga sudah dipikirkan dengan matang dan penuh kehati-hatian. 

4. Kita akan mendapat nilai plus di mata orang lain jika bertanggung jawab

ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/Ivan Samkov)

Bukan hanya untuk diri sendiri, akhirnya kita juga akan mendapat dan merasakan sisi positif jika mampu bersikap penuh tanggung jawab. Tanpa kita sadari, ada banyak mata yang menilai diri kita di luar sana, terlebih dalam hal pekerjaan.

Ketika kita dipandang sebagai orang yang bertanggung jawab, maka kepercayaan otomatis akan diberikan kepada kita. Pastinya kamu tahu, kan seberapa berharganya sebuah kepercayaan itu? 

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Kualitas Diri, Mulai Tanggung Jawab

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya