TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Sederhana agar Gak Gampang Iri Melihat Pencapaian Orang Lain

Semua orang punya porsinya masing-masing

ilustrasi orang bekerja (Pexels.com/fauxels)

Siapa yang masih suka iri ketika ada saudara, teman, atau tetangga yang berhasil meraih atau membeli sesuatu? Apalagi jika itu adalah sesuatu yang sebenarnya sangat kita idam-idamkan. Wah, pasti bakal kepikiran sampai gak bisa tidur, ya.

Hati-hati, rasa iri hati bisa mendatangkan kerugian bagi diri sendiri, lho. Tidur tak nyenyak, makan tak enak, beraktivitas pun jadi tak karuan rasanya. Daripada tersiksa karena perasaan kita sendiri, yuk, belajar mengendalikan rasa iri dengan lima cara sederhana berikut. 

1. Melihat pencapaian tersebut sebagai hal yang baik untuknya, tapi bukan untukmu

ilustrasi orang bermaafan (Pexels.com/Huy ProShoot)

Saat kita merasa iri, itu artinya kita sangat berharap pencapaian orang tersebut bisa kita raih dan harusnya menjadi milik kita. Nah, di sinilah kamu perlu belajar mengubah sudut pandang.

Lihatlah pencapaian tersebut sebagai hal yang baik untuk orang itu, tapi memang belum tepat untukmu. Belum tentu, kamu akan bisa mengatasi pencapaian tersebut saat ini. Mungkin suatu saat nanti kamu bisa mendapatkannya, tapi memang perlu usaha yang sepadan untuk hal tersebut. 

Baca Juga: 5 Alasan Gak Perlu Meladeni Rekan Kerja yang Iri

2. Yakin bahwa kamu juga bisa mencapai impianmu suatu saat nanti

ilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Perasaan iri juga akan bisa berkurang jika kamu belajar berpikir positif. Tanamkan mindset bahwa suatu saat nanti kamu juga akan bisa mencapai sesuatu dalam hidup. Bahkan bisa jadi itu adalah pencapaian yang lebih besar dibanding apa yang diraih orang tersebut.

Yang terpenting adalah saat ini adalah kamu perlu berusaha ekstra keras dan berhenti membandingkan diri. Jadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi bagimu untuk berjuang lebih giat lagi. 

3. Gak cuma melihat pencapaiannya, tapi kamu juga menghargai setiap usahanya

ilustrasi orang sinis (Pexels.com/Anna Shvets)

Rasa iri juga bisa berkurang jika kita gak cuma fokus pada hasil yang telah diraih orang tersebut. Kita juga perlu melihat setiap usaha yang dia lakukan. Mereka yang terlihat kaya misalnya, ternyata memiliki waktu tidur yang sangat kurang, bekerja tanpa istirahat, dan bahkan sering melewatkan jam makan.

Sementara jika dirimu aja selalu lebih memilih untuk rebahan ketimbang upgrade ilmu dan berusaha lebih, apa pantas rasa iri itu dipertahankan? Setiap orang menuai hasil yang sesuai dengan usahanya. Kamu juga mau sukses, kan? Yuk, berusaha lebih keras lagi. 

4. Fokus pada diri sendiri ketimbang orang lain

ilustrasi orang tersenyum (Pexels.com/Daniel Xavier)

Jalan paling ampuh untuk berhenti merasa iri adalah dengan fokus pada diri sendiri. Ketimbang sibuk melihat kanan kiri dan membandingkan pencapaian orang lain dengan apa yang berhasil kamu raih, lebih baik terus berusaha dan bekerja dengan maksimal. Sibukkan dirimu hingga kamu lupa untuk mengurusi urusan hidup orang lain.

Fokus pada diri sendiri juga menjadikan kamu lebih konsisten dalam berusaha. Tujuanmu untuk meraih kesuksesan dan keberhasilan pun jadi lebih jelas terlihat dan membuatmu semakin bersemangat. 

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Iri dengan Pencapaianmu, Kerap Meremehkan

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya