TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Ini Wajib Dicoba agar Kamu Semakin Yakin pada Kemampuan Diri

Jangan suka membanding-bandingkan!

pexels.com/cottonbro

Semua orang diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika sampai saat ini kamu masih bingung dengan kelebihan apa yang kamu miliki, gak usah khawatir. Suatu saat nanti kamu pasti akan berhasil kok menemukan bakatmu yang sesungguhnya.

Intinya, jangan berhenti mencari dan cobalah lima cara berikut nih. Dijamin, kemampuan dirimu yang selama ini terpendam akan bisa segera kamu temukan.

1. Fokuslah pada diri sendiri

unsplash/Brooke Cagle

Kemampuan diri akan bisa kamu temukan jika kamu berusaha untuk mengenali dirimu dengan lebih baik. Mulai saat ini, selagi melakukan rutinitas sehari-hari, cobalah untuk fokus pada dirimu sendiri. Kenali apa yang kamu suka dan tidak suka, pada pekerjaan seperti apa kamu lebih mengerjakannya, dan apa yang gak. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Meningkatkan Kemampuan Berbasa-basi

2. Berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain

unsplash/Jack Sharp

Langkah kedua adalah dengan berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Semua orang punya kemampuan yang berbeda-beda dan gak bisa disamakan. Lagipula, jangan melihat orang-orang sukses hanya dari hasil yang saat ini mereka peroleh, tapi lihat juga prosesnya. 

3. Carilah lingkungan yang positif dan bisa memberi dukungan

unsplash/Omar Lopez

Memilih lingkungan yang positif juga perlu untuk dilakukan. Ini agar kamu gak merasa minder dan merasa kemampuan yang kamu miliki adalah sesuatu yang sepele. Dengan selalu dikelilingi oleh orang yang mendukungmu, kamu akan bisa melangkah dengan percaya diri dan melihat bahwa kemampuan dirimu adalah sesuatu yang luar biasa dan perlu dikembangkan.

4. Terus berusaha disertai doa

unsplash/kiwihug

Setelah semua hal itu, penting juga untuk meneruskan usahamu dalam mengembangkan diri. Menerima semuanya dengan pasrah dan gak berusaha melakukan inovasi hanya akan membuat kemampuan dirimu ketinggalan zaman. 

Plus, kamu juga perlu untuk berdoa. Karena manusia hanya bisa merencanakan namun Tuhan juga yang menentukan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Melatih Kemampuan Berorganisasi Semasa Kuliah

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya