TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengendalikan Jiwa Konsumtif jelang Lebaran, Hemat yuk!

Gak semuanya harus baru, lho

ilustrasi orang belanja (Pexels.com/Liza Summer)

Lebaran sebentar lagi. Berbagai persiapan menjelang hari besar tersebut pasti sudah atau sedang kamu lakukan, kan? Namun, jangan khilaf dan terus membeli ini itu secara berlebihan, ya. Sebab yang namanya berlebihan itu jelas gak baik.

Salah satu persiapan Lebaran yang sering dilakukan adalah membeli baju baru. Seolah dari kepala hingga kaki semuanya harus baru. Ditambah lagi, gak cuma untuk hari pertama, pakaian untuk hari kedua pun juga mulai dipikirkan. Aduh, kalau begini bisa bangkrut, deh, setelah Lebaran. Nah, biar gak khilaf belanja, yuk, kendalikan jiwa konsumtif dengan lima cara berikut. 

1. Tetap pertimbangkan skala prioritas

ilustrasi orang belanja (Pexels.com/Michael Morse)

Ingat, masih ada hal lain yang lebih penting setelah lebaran berlalu. Tetap pertimbangkan skala prioritas saat keinginan untuk belanja itu datang. Jangan sampai kita habis-habisan melakukan pengeluaran menjelang lebaran tanpa mengingat prioritas lain yang lebih utama.

Lebaran hanya berlangsung selama beberapa hari. Lagi pula, untuk apa juga kita punya barang baru yang banyak? Apakah niatnya untuk pamer? 

Baca Juga: 5 Ide Isi Hampers Lebaran, Bisa Pilih Sesuai Karakter Penerima Lho 

2. Bedakan kebutuhan dan keinginan

ilustrasi orang belanja (Pexels.com/Rachel Claire)

Demi mengendalikan jiwa konsumtif yang menggelora menjelang Lebaran, kita juga perlu banget untuk pandai-pandai membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Apakah barang yang akan kita beli itu benar-benar dibutuhkan atau hanya sekadar untuk memenuhi ego dan keinginan untuk berbelanja aja.

Sangat gak bijak menggunakan uang, berapa pun jumlahnya, jika hanya untuk memenuhi keinginan kita yang semu. Ditambah lagi jika kita jadi lupa berbagi dengan orang lain. 

3. Pertimbangkan juga fungsi barang tersebut, apakah akan berguna untuk waktu yang lama?

ilustrasi orang belanja (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Ketika membeli barang, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan kegunaannya juga. Apakah akan bisa digunakan untuk waktu yang lama atau hanya sekali pakai dan kemudian malah terbengkalai? Jika terus belanja barang yang gak bisa digunakan untuk waktu lama, kamu akan jadi sosok yang boros.

Makanya, perlu banget untuk menahan diri dari godaan membeli barang yang kurang berguna. Apalagi jika tujuannya hanya untuk gaya-gayaan belaka. 

4. Jangan gampang tergoda promo dan diskon

ilustrasi orang belanja (Pexels.com/Artem Beliaikin)

Menjelang lebaran, ada banyak promo dan diskon baik di e-commerce, maupun di toko offline. Biasanya, ini yang bikin kita lupa daratan dan malah membeli barang yang gak dibutuhkan. Alhasil, pengeluaran gak terduga pun jadi menambah beban pikiran selepas lebaran berlalu.

Ingat, promo tersebut memang dibuat untuk menggoda jiwa konsumtifmu. Namun, kamu lebih tangguh dari itu dan gak gampang tergoda. Betul? 

Baca Juga: 5 Doa Terbaik Menjemput 10 Malam Terakhir Ramadan, Berkah Melimpah

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya