TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Dampak Buruk jika Salah Memilih Orang sebagai Tempat Curhat, Fatal!

Kamu bisa saja mendapatkan solusi keliru

ilustrasi curhat (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Berbagi keluh kesah saat memiliki masalah adalah hal yang manusiawi. Gak selamanya kita bisa memendam semua permasalahan yang ada sendirian. Justru, terkadang hal ini bisa membuat kita merasa tertekan dan depresi. 

Itulah kenapa memiliki teman curhat itu penting banget. Namun, nyatanya memilih teman curhat juga gak boleh sembarangan. Bukan berarti semua orang yang peduli dan sayang sama kamu bisa kamu jadikan teman curhat begitu aja. Sebab, jika sampai keliru dalam memilih teman curhat, lima dampak negatif berikut akan kamu rasakan.

1. Solusi yang diperoleh justru gak tepat

ilustrasi sedang curhat (Pexels.com/Budgeron Bach)

Teman curhat yang gak tepat bisa saja memberikan solusi yang keliru untuk masalahmu. Penyebabnya bisa beragam, entah itu karena dia gak mengerti situasimu secara utuh, atau memang ia bukanlah pemberi solusi yang andal. Ujung-ujungnya, kamu malah berada dalam situasi yang lebih rumit berkat solusinya tersebut. Kalau sudah begini, siapa yang mau disalahkan? 

Baca Juga: 5 Jenis Curhat yang Keliru dan Gak Seharusnya Dilakukan, Hindari!

2. Malah dituduh dan disalahkan

ilustrasi curhat (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Dianggap gak becus dalam mengatasi masalah hidup yang dialami juga bisa jadi salah satu dampak yang dirasakan saat curhat dengan orang yang gak tepat. Kamu dicap lemah dan berlebihan serta terlalu gampang merasa tersakiti.

Bayangkan, jika saat punya masalah dan kamu malah diperlakukan begitu oleh teman curhatmu, pasti tambah sakit hati, kan? Makanya, memilih teman curhat itu gak boleh sembarangan. Sebab, memang gak semua orang bisa bersimpati dan peduli dengan kondisimu. 

3. Memunculkan masalah baru yang rumit

ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Evelina Zhu)

Hati-hati, salah memilih tempat curhat juga bisa berakibat pada munculnya masalah baru. Jangan sampai masalah tersebut justru lebih besar dan bikin rumit situasimu yang sebenarnya sudah cukup merepotkan.

Teman curhat memang sebegitunya berpengaruh itu dalam hidupmu, lho. Dia bisa memberikan solusi yang membantu atau membuatmu terjebak dalam situasi yang gak diinginkan. Pilihlah teman curhat yang memang bisa diandalkan dan juga dipercaya, ya. 

4. Gak didengar dengan baik

ilustrasi keluarga (pexels.com/Abandon)

Teman curhat yang gak tepat juga bisa menyebabkan kamu merasa gak didengar. Perasaan semacam ini bisa berakibat pada rasa gak puas dan gak lega. Bukannya masalah yang terselesaikan, kamu justru jadi semakin merasa disakiti dan diperlakukan dengan gak adil. 

Teman curhat semacam ini malah membuat kamu merasa gak dihargai. Padahal yang kamu butuhkan hanyalah waktunya beberapa menit aja untuk mendengarkan keluh kesahmu.

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Bisa Kamu Jadikan Teman Curhat, Amanah Jaga Rahasia!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya