TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kenapa Kita Gak Seharusnya Hidup Mengikuti Arus yang Mengalir

Tentukan arah arusmu sendiri!

unsplash/Kristina Tripkovic

Banyak orang yang mengaku hidup mengikuti aliran air yang mengalir. Memang gak salah, karena pada hakikatnya semua orang punya haknya masing-masing dalam menentukan jalan hidup. Tapi tentu gak bisa dibilang benar juga karena ada beberapa alasan masuk akal berikut nih. 

Coba deh pertimbangkan lagi, apakah kamu memang mau membiarkan hidupmu mengikuti arus yang mengalir?

1. Kita gak tau ke mana arus itu akan membawa kita

pexels/Marcelo Chagas

Memang jalan hidup gak bisa ditebak. Suatu masa kita bisa tiba-tiba berada di puncak kesuksesan, tapi di waktu berikutnya kita tiba-tiba terpuruk dalam kehancuran. Namun, membiarkan diri mengikuti arus yang mengalir sama saja artinya kita terlalu pasrah dalam menjalani hidup dan gak mau berusaha apa-apa.

Baca Juga: Hidup Membosankan? Mungkin Kamu Perlu 8 Hal Penting Ini Dalam Hidup 

2. Karena sebenarnya kita punya kendali soal hidup kita

pexels/Daria Shevtsova

Padahal, jika dipikirkan dengan lebih cermat, sebenarnya kita punya kendali terhadap hidup kita. Membiarkan hidup mengendalikan kita pastinya bertentangan dengan hukum alam yang ada. Dan, tentunya, melanggar hukum seperti ini hanya akan membuat kita berakhir mengenaskan.

3. Mengikuti arus hanya akan menjadikan kita orang yang pemalas 

pexels/Gautam

Belum lagi, membiarkan hidup mengendalikan kita sepenuhnya hanya akan menjadikan kita orang yang pemalas. Kita jadi enggan beranjak atau melakukan sesuatu yang berguna. Kita merasa bahwa apa pun yang kita lakukan gak akan mengubah apa-apa dan gak juga menjadikan masa depan kita jadi lebih baik.

4. Menentukan jalan hidup kita sendiri gak akan membuat kita menyesal apa pun hasilnya

pexels/Elojah O'Donnell

Gak membiarkan diri mengikuti air yang mengalir akan membuat kita mengusahakan segala cara demi mencapai tujuan hidup. Meski mungkin hasilnya gak sesuai yang kita inginkan. Namun, karena kita sudah berusaha dan tau proses menuju ke sana, maka kita gak akan menyesali apa-apa. Beda banget kan sama orang yang hanya bisa berandai-andai dan gak pernah berusaha.

Baca Juga: 10 Dasar Pemikiran Hidup Minimalisme Dari Buku 'Seni Hidup Minimalis'

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya