TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Barang yang Gak Perlu Dibeli demi Hidup Minimalis, Lebih Hemat!

Pandai mengelola keuangan!

ilustrasi orang berbelanja (pexels.com/Ron Lach)

Memiliki uang hasil kerja keras tentunya ingin kita gunakan sebaik mungkin. Beberapa kita sisihkan untuk ditabung, dan sebagian lain digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan. Gak sedikit pula yang memilih untuk menggunakan uangnya untuk membeli barang-barang yang sudah lama diimpikan.

Akan tetapi, pastinya kita juga akan kewalahan jika terus membeli barang baru setiap bulan. Gak cuma menguras dompet, ini juga menghabiskan tempat yang ada di rumah. Barang gak terpakai pun jadi menumpuk dan akhirnya berujung dibuang atau diberikan kepada orang lain.

Itulah kenapa kita mulai perlu menerapkan gaya hidup minimalis. Selain menjaga tabungan tetap aman, ini juga menyehatkan mental kita karena gak punya tekanan untuk mencapai standar tertentu dalam masyarakat. Ini, nih lima daftar barang yang gak boleh kita beli jika ingin menerapkan gaya hidup minimalis. 

1. Outfit terkini

ilustrasi orang berbelanja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Outfit terkini atau pakaian yang saat ini sedang trend adalah barang utama yang gak boleh kita beli jika ingin menjadi minimalis. Alasannya sudah jelas karena outfit semacam ini akan segera berlalu masanya. Akan ada waktu dimana kita gak lagi bisa menggunakan barang tersebut karena dianggap kuno dan ketinggalan zaman.

Jika pada akhirnya akan berujung di tempat barang bekas, ada baiknya kita menghindari membeli barang semacam itu. Saat membeli pakaian, pastikan itu bisa digunakan untuk waktu yang lama dan bisa dipadukan dengan pakaian apapun. Warna netral jelas lebih disarankan. 

Baca Juga: 6 Sebab Rumahmu Penuh Barang, Waktunya Hidup Minimalis

2. Barang diskon

ilustrasi orang berbelanja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Membeli sesuatu hanya karena dia sedang diskon adalah alasan yang sangat keliru. Seorang yang minimalis gak akan menggunakan alasan semacam itu untuk berbelanja. Jika memang ingin membeli sesuatu, dia akan memastikan bahwa itu adalah kebutuhan dan bukan sekedar keinginan. 

Boleh banget, kok untuk membeli barang diskon, selama memang itu dibutuhkan. Bukan sekadar diinginkan sekilas belaka. 

3. Barang yang lucu

ilustrasi orang berbelanja (pexels.com/RODNAE productions)

Alasan lain yang cukup unik dan cukup sering kita dengar digunakan oleh seseorang untuk berbelanja adalah karena barang tersebut lucu. Ini gak akan dilakukan oleh mereka yang minimalis. Barang lucu cukup untuk dilihat di toko dan bukan untuk dibawa pulang.

Ingat, seorang yang minimalis hanya membeli barang yang benar-benar mereka butuhkan. Terutama jika itu bisa memberikan nilai balik bagi diri mereka. Seperti misalnya, gadget baru demi kebutuhan membuat konten, dan lainnya. 

4. Barang mewah yang manfaatnya sama saja

ilustrasi orang berbelanja (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Barang mewah juga gak pernah berada dalam list seorang yang menganut prinsip hidup minimalis. Terutama jika fungsinya sama saja dengan barang lain dengan harga yang jauh lebih murah. Misal, membeli tas mahal branded, padahal fungsinya tetap sama yaitu untuk membawa barang-barang.

Mengutamakan fungsi dan bukannya gengsi adalah motto hidup yang mereka pegang. Gak pernah ada penyesalan atau keinginan untuk bermewah-mewahan sehingga mereka juga gak tertekan dengan lingkungan yang mencap negatif atau mengajak mereka bersaing. 

Baca Juga: 5 Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis untuk Kesehatan Mental

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya