TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Awal untuk Mempelajari Bakat Baru, Yuk Coba Sekarang!

Mau berkembang dan maju, kan?

pexels/Burst

Bakat adalah sebuah kemampuan yang bukan bawaan dari lahir namun bisa kita latih seiring berjalannya waktu. Sejak dulu hingga sekarang, bakat terus menerus berkembang dan juga terus diperbaharui mengikuti perkembangan zaman.

Apalagi di era digital seperti sekarang, bakat bukan hanya bisa membuat kita bahagia, tapi juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Jika saat ini kamu punya suatu bakat atau keahlian yang sudah dikuasai, maka jangan cepat berpuas diri.

Ada banyak sekali ragam dan jenis dari bakat yang bisa terus kamu eksplor, lho. Nah, biar kamu bisa cepat menguasai suatu keahlian baru, ada lima langkah yang bisa diterapkan nih.

1. Tentukan bakat apa yang ingin kamu kuasai

makeupandbeauty.com

Sebelum memulai, tentu kita wajib untuk menetapkan tujuan dan goal. Pastikan kamu tahu betul bakat apa yang ingin dikuasai. Tentukan alasan kenapa kamu memilih bakat tersebut.

Jangan sampai di tengah jalan nantinya kamu malah meragukan dirimu sendiri. Ingat, ini adalah sesuatu yang harus kamu sukai atau paling gak membuat kamu tertarik serta bisa berkelanjutan di kemudian hari.

Baca Juga: Gak Usah Pusing Mencarinya, 10 Bakat Ini Diturunkan Secara Genetik

2. Mulailah perlahan-lahan dan jangan langsung berekspektasi tinggi

unsplash/Kristina Tripkovic

Ketika bakat yang ingin dikuasai sudah ditentukan, saatnya memulai. Jangan terlalu lama memikirkan semuanya hingga akhirnya minatmu hilang. Segera tekuni dan mulailah perlahan-lahan.

Penting juga nih untuk gak langsung berekspektasi terlalu tinggi bahwa kamu akan bisa menguasai bakat tersebut dengan cepat. Karena, harapan yang gak sesuai kenyataan bisa membuat kamu kecewa nantinya.

3. Teruslah mencari tahu soal hal yang ingin kamu tekuni, jika perlu lakukan riset

pexels/Andrea Piacquadio

Seiring kamu menekuni hal tersebut, jangan berhenti mempelajari dan mencari tahu lebih dalam. Lakukan riset, bacalah lebih banyak referensi dan temukan keunikan dalam keahlian tersebut. Dijamin, semua hal baru akan selalu punya kejutan menarik buat kita selama kita mau mencari tahu.

4. Fokuslah dan jangan mudah teralihkan oleh hal lain

unsplash/Thought Catalog

Saat sudah memutuskan ingin menguasai suatu bakat, berusahalah untuk fokus. Jangan mudah teralihkan dengan bakat-bakat lainnya.

Lakukan semuanya satu per satu. Ketika kamu mampu menepiskan berbagai gangguan, maka kamupun akan bisa semakin mendalami bakat tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berusaha Ekstra untuk Mengembangkan Diri

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya