TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Susah Menyamakan Persepsi dengan Orang Lain? Lakukan 5 Langkah Ini

Setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing!

unsplash/NeONBRAND

Dalam memandang sebuah permasalahan, atau ketika mengomentari suatu hal, tentu sudut pandang kita akan sedikit, atau mungkin banyak, berbeda dengan orang lain. Perbedaan persepsi ini sebenarnya bukanlah hal yang harusnya membuat kita merasa tertekan. Karena, kita gak bisa selalu membuat semua orang setuju dengan apa yang kita pikirkan. 

Daripada terus menerus merasa tertekan karena susahnya membuat orang lain sepaham dengan kita, lebih baik lakukan lima langkah berikut, nih.

1. Jangan segan untuk bertukar pikiran

unsplash/Brooke Cagle

Berdiskusi, duduk bersama demi mendapatkan keputusan akhir yang meskipun gak sepenuhnya sama, tapi paling gak sudah bisa mendekati sama.

Tujuan akhirnya gak cuma agar bisa saling sepakat, tapi juga agar kita bisa saling memahami. Gak cuma memaksakan orang lain melihat dari sudut pandangmu, tapi kamu pun harus belajar melihat dari sudut pandang orang tersebut.

Baca Juga: 5 Risiko Ini Dihadapi Cewek yang Suka Terjebak Persepsi Sendiri

2. Pahamilah bahwa emosi gak akan menghasilkan apapun

unsplash/Randy Jacob

Selanjutnya, kita juga harus menyadari sepenuhnya bahwa dengan emosi yang membara, gak akan ada hasil akhir apa pun yang bisa kita capai. Emosi hanya akan memperburuk situasi dan membuat semuanya semakin runyam. Sebelum berdiskusi dan bertukar pendapat, cobalah untuk menurunkan emosi dalam diri.

3. Kurangi ego dan cobalah melihat dari sudut pandangnya

unsplash/Kate Kalvach

Salah satu kunci keberhasilan dari bertukar pikiran dan saling memahami adalah dengan menurunkan ego. Kita diajarkan untuk gak egois sejak masih kecil, fungsinya yaitu agar kita bisa lebih merasakan empati, kepedulian, dan gak mementingkan diri sendiri.

4. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa gak semua orang harus sepaham

unsplash/Priscilla Du Preez

Penting juga nih, untuk memahami bahwa gak akan ada dua manusia yang benar-benar bisa sepaham. Pasti ada aja beberapa hal, meskipun sepele, yang saling bertentangan antara dua orang tersebut. Apalagi jika itu bersangkutan dengan orang banyak. Sudah tentu akan ada perselisihan dan perbedaan pendapat. 

Baca Juga: 6 Mindset yang Harus Dimiliki Jika Kamu Tipe yang Cepat Tersinggung

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya