TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Penyebab Bau Ketiak yang Mengganggu, Jarang Mandi!

Pentingnya menjaga kebersihan diri agar tetap wangi

ilustrasi ketiak (unsplash.com/@momentance)

Bau ketiak mungkin menjadi permasalahan tersendiri yang kerap dialami oleh banyak orang. Bau ketiak ini bisa terjadi pada perempuan ata upun pria yang mungkin tidak menjaga kebersihan tubuhnya dengan baik, sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Memang bau ketiak bisa sangat menurunkan kepercayaan diri dan menimbulkan rasa tidak nyaman lagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Namun, kamu perlu tahu beberapa penyebab berikut ini mengapa ketiak bisa berbau tidak sedap.

1. Jarang mandi dengan rutin

ilustrasi mandi (unsplash.com/bruce mars)

Penyebab pertama ternyata bisa diakibatkan bila seseorang jarang mandi dan membersihkan dirinya dengan rutin. Memang orang yang jarang mandi tentu akan mengalami penumpukan kotoran, kuman, hingga bakteri di beberapa area tubuhnya, khususnya di lipatan tubuh seperti ketiak.

Jika kamu jarang mandi maka nantinya bakteri tersebut akan semakin menumpuk dan menyebabkan aroma yang tidak sedap. Oleh sebab itu, harus mandi dengan rutin agar area ketiak dan area tubuh lainnya tetap bersih dan tidak mengeluarkan bau yang tak sedap.

2. Tidak mencukur bulu ketiak

ilustrasi bulu ketiak (pexels.com/RDNE Stock project)

Banyak orang yang mungkin terlalu malas untuk mencukur bulu ketiaknya, khususnya para kaum adam. Ternyata, bulu ketiak bisa menjadi salah satu penyebab bau keringat pada area ketiak, sehingga memang sebaiknya dapat dicukur secara reguler.

Penyebab utamanya karena memang bulu ketiak tersebut dapat menjadi sarang dari berbagai kuman dan bakteri yang menumpuk. Selain itu, penggunaan deodoran juga jadi tidak efektif apabila digunakan di ketiak yang penuh dengan bulu.

Baca Juga: 3 Langkah Efektif Membasmi Bau Badan

3. Salah menggunakan deodoran

ilustrasi deodoran (unsplash.com/@roosalgera)

Penggunaan deodoran sebetulnya bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup cermat apabila memang ingin mengusir aroma tidak sedap dari ketiak. Penggunaan deodoran ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apalagi memang saat ini ada banyak sekali pilihan deodoran yang bisa digunakan sehari-hari.

Setidaknya kamu dapat menggunakan deodoran yang memang menggunakan bahan yang cukup aman. Jika kamu salah dalam memilih deodoran, maka akan membuat bau ketiak akan semakin parah dan justru memperparah aroma tubuhmu nanti.

Verified Writer

Deska Chalis

Berusaha memperbanyak membaca dan menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya