TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fakta Post Holiday Blues, Bikin Produktivitas Makin Turun Usai Liburan

Selalu terbayang akan liburan yang telah lalu

pixabay/Free-Photos

Libur panjang hari raya Idulfitri dimanfaatkan betul untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Perasaan bahagia begitu terasa selama liburan. Namun, hal tersebut akan berbalik bila libur telah usai.

Perasaan sedih dan stres seketika hinggap ketika sadar bahwa liburan harus disudahi. Rasanya tak ingin kembali menjalani kegiatan yang biasa dilakukan. Kondisi yang sering dialami oleh beberapa orang ini disebut Post Holiday Blues. Lalu, apa sebenarnya sindrom ini?

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Bukan Orang yang Cocok Jadi Pendamping Hidupnya

1. Post Holiday Blues, sindrom yang datang usai liburan

pixabay/StockSnap

Seperti namanya, Post Holiday Blues merupakan sebuah sindrom yang dialami seseorang pascaliburan. Meski terlihat sepele, nyatanya Post Holiday Blues bisa menurunkan produktivitas. Ini akibat dari keinginan untuk tetap menikmati liburan dan tak mau kembali ke aktivitas semula.

Umumnya, sindrom ini akan mulai dirasakan ketika memasuki hari terakhir liburan. Pada prosesnya, rasa malas dan tidak nyaman akan dirasakan begitu mereka kembali bekerja, bersekolah, atau kuliah.

2. Gejala-gejala seseorang alami Post Holiday Blues. Apakah kamu juga merasakannya?

pixabay/StockSnap

Sama seperti sindrom lain, Post Holiday Blues juga memiliki gejala pada orang yang mengalaminya. Gejalanya pun mirip dengan depresi, antara lain merasa sedih, lesu, hilangnya motivasi, nafsu makan yang menurun, insomnia, dan sering bernostalgia dengan kejadian sebelumnya.

Masa seseorang mengalami gejala ini bervariasi. Dalam beberapa kasus hanya berlangsung selama satu minggu. Tetapi, ada pula yang merasakannya hingga satu bulan bahkan lebih. Jika dibiarkan, Post Holiday Blues bisa berdampak pada aktivitas dan kesehatan mental.

Baca Juga: Tips Massage Wajah ala Spa Hotel Berbintang Lima, Mudah Banget Kok!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya