TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Sedang Kesal dengan Seseorang

Tetap ada etika yang harus kamu jaga!

unsplash.com/Ravi Roshan

Dalam menjalani hidup bersosial tak ada seorangpun yang bakal luput dari konflik. Oleh sebab itu kamu harus memiliki kendali diri yang baik. Jangan sampai perasaan kesal dan sakit hati yang kamu dapatkan dari seseorang membuatmu ingin membalasnya dengan cara yang kurang terpuji. Nah, saat merasa kesal sebaiknya jangan pernah lakukan 5 hal ini, tak lain agar dapat menghindarkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa saja?

1. Membongkar rahasia yang pernah ia bagikan padamu

unsplash.com/Antenna

Walaupun kamu sedang bersitegang dengan seseorang, tetap ada etika yang harus kamu jaga. Salah satunya menghormati rahasia yang pernah ia bagikan padamu. Jangan sampai kekesalan yang kamu miliki kepadanya membuatmu membongkar seluruh rahasia yang pernah ia bagikan padamu. Karena selain kamu telah bersikap tidak dewasa, hal demikian bisa saja menjadi boomerang bagi dirimu sendiri dikemudian hari. Bukankah kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan "mulutmu harimaumu."

2. Menghasut orang lain untuk turut membencinya

pixabay.com/Baruska

Rasa kesal yang mendalam pada seseorang tak jarang bisa membuat seseorang menjadi dendam, lalu ia sibuk menghasut orang lain agar turut membencinya. Padahal tanpa disadari saat kamu sibuk meyakinkan orang untuk tujuan yang tidak baik maka kamu sendirinya sudah menunjukan bila kamu memiliki citra diri yang buruk dimata orang lain.

Maka alangkah lebih baik bila kamu menahan diri untuk tidak menghasut orang lain untuk membenci seseorang. Karena hal demikian hanya akan merugikan diri sendiri dan juga dapat merusak image positif dalam dirimu.

3. Memendam rasa baper mendalam dihatimu

unsplash/Andrew Le

Kamu boleh merasa kesal dan marah. Namun jangan terlalu kamu nikmati alurnya sebab kamu nantinya hanya akan larut pada perasaan sedih, kecewa dan tidak bahagia. Percayalah bahwa semua orang tentu juga pernah merasakan hal demikian, jadi jangan pernah merasa sendirian. Anggap saja bahwa permasalahan ini juga akan berlalu dengan sendirinya.

Daripada larut memikirkan hal-hal yang dapat membuat hatimu menjadi kacau. Kamu bisa mengalihkan perhatian dengan banyak melakukan kegiatan positif supaya menjauhkanmu dari memikirkan hal-hal yang kurang penting sekaligus membuat keadaan emosionalmu menjadi lebih baik.

4. Menutup semua akses komunikasi

Unsplash.com/Annie Spratt

Gak jarang seseorang yang sedang berselisih dengan seseorang memutuskan untuk menutup semua akses komunikasi satu sama lain. Padahal tidak perlu bertindak sejauh itu, yang ada peluang untuk dapat berdamai semakin kecil. Kamu pasti mengerti bila perasaan setiap orang bisa berubah-ubah. Kamu tidak akan tahu apa yang dipikirkannya kelak, Bisa saja ada terbersit niatan darinya tuk memperbaiki diri dan meminta maaf padamu hanya saja niat baik itu tergagalkan karena kamu sudah memutus semua akses komunikasi dengannya.

Verified Writer

Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya