TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Hanya Karena Ingin Disukai Orang Lain

Tidak perlu menyusahkan diri sendiri!  

Ilustrasi komunitas (by Priscilla Du Preez on unsplash.com)

Disukai orang lain tentu menyenangkan. Itulah sebabnya hingga saat ini masih ada orang yang rela melakukan apa saja agar diakui keberadaannya. Padahal, hal seperti itu tidak perlu dilakukan jika seseorang berada di tengah lingkungan yang tulus menerima keberadaannya. Jangan sampai kamu melakukan lima hal ini hanya karena ingin disukai, ya!

1. Tidak pernah menolak

Ilustrasi baik-baik saja (by Anna Shvets on Pexels)

Selalu berkata “iya” meski hati menolak hanya akan menyakiti diri sendiri. Seseorang berhak memilih apa saja yang ingin dan tidak ingin dilakukan tanpa merasa bersalah. Sesekali menolak sambil memberi penjelasan justru akan membuat orang lain lebih mudah memahami batasanmu. 

Baca Juga: 5 Ciri kalau Kamu Selalu Ingin Menyenangkan Orang Lain, Gak Baik Lho!

2. Bertahan di lingkungan toxic

Ilustrasi sedih (Photo by Pixabay on Pexels)

Tidak perlu bertahan di lingkungan yang membuatmu merasa tidak nyaman. Tempatkan diri di lingkungan yang positif dan suportif agar bahagiamu datang dengan sendirinya. Lingkungan yang membuatmu bahagia juga akan secara otomatis menghadirkan sifat dan pikiran positif dari dalam dirimu.

3. Mencari validasi

Ilustrasi berkumpul (by Jopwell on Pexels)

Ada yang rela melakukan hal di luar nalar, hingga membohongi diri sendiri demi mendapatkan validasi. Terlihat keren dan menakjubkan bukanlah satu-satunya cara agar disukai orang lain. Mereka yang tulus berada di sekitar kita tidak akan peduli dengan hal itu.

4. Menelan mentah-mentah semua komentar orang lain

Ilustrasi mendengarkan (by George Milton on Pexels)

Pahami nilai diri, dan yakinlah bahwa dirimu berharga meski tidak semua orang menyukainya. Sekeras apa pun kita berusaha, tetap saja tidak mungkin bisa membuat semua orang suka. Jika pendapat orang lain dijadikan sebagai patokan, seseorang tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang ada pada dirinya. 

Baca Juga: 6 Hal yang Tak Perlu Dilakukan demi Menyenangkan Orang Lain

Verified Writer

Dhini Chalista

Dinilai sebagai pendiam oleh banyak orang, namun sebenarnya memiliki isi kepala yang cukup berisik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya