TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Niat dan Tata Cara Sholat Ghaib yang Setara Sholat Jenazah

Sholat Ghaib dikerjakan secara berjamaah

freepik/Rawoixel

Dalam ajaran Islam, mendoakan sesama muslim yang sudah meninggal menjadi hal yang wajib dilakukan. Baik itu saudara, kerabat dekat, tetangga, atau bahkan orang yang tak dikenal, sebagai sesama muslim wajib mengirim doa kepada jenazah.

Jika berkesempatan hadir di rumah duka atau prosesi pemakaman, sangat dianjurkan untuk ikut menyalatkan jenazah. Namun jika berhalangan hadir akibat jarak atau kepentingan lain, salat ghaib menjadi solusi agar tetap bisa mendoakan jenazah.

Memiliki keutamaan yang sama dengan sholat jenazah, yuk simak ulasan niat dan tata cara sholat ghaib dibawah ini.

Baca Juga: Warga NU Semarang Lakukan Salat Gaib untuk KH Maimoen Zubair

1. Perbedaan sholat jenazah dengan sholat ghaib

nu.or.id

Sholat jenazah dan sholat ghaib pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu mengirimkan doa pada orang yang sudah meninggal.

Bedanya, sholat jenazah dilakukan di hadapan jenazah secara langsung. Sementara sholat ghaib dilaksanakan tanpa adanya jenazah. Keduanya sama-sama dikerjakan secara berjamaah.

2. Bacaan niat sholat ghaib

Ilustrasi berdoa. (Pexels.com/Rawpixel)

Bacaan niat sholat ghaib terbagi menjadi dua, yaitu sebagai imam atau makmum. Pada lafal juga terdapat sedikit perbedaan antara jenazah laki-laki dan perempuan. Berikut bacaan lengkapnya:

  • Niat sholat ghaib sebagai imam

Ushalli alal mayyiti (mayyitati untuk jenazah perempuan) - sebutkan nama jenazah - alghooibi arba'a takbiroti fardhol kifaayati imaaman lillahi ta'ala

Artinya: “Saya berniat sholat ghaib atas jenazah (nama jenazah) dengan empat kali takbir menjadi imam karena Allah taala.”

  • Niat sholat ghaib sebagai makmum

Ushalli alal mayyiti (mayyitati untuk jenazah perempuan) - sebutkan nama jenazah - alghooibi arba'a takbiroti fardhol kifaayati ma'muuman lillahi ta'ala

Artinya: “Saya berniat sholat ghaib atas jenazah (nama jenazah) dengan empat kali takbir menjadi makmum karena Allah taala.”

Baca Juga: Polda Jabar Gelar Salat Jenazah Gaib untuk Mbah Moen

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya