TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan Orang Jepang yang Bisa Kamu Tiru dari Pagi Sampai Malam

Orang Indonesia cocok lakukan ini nggak ya?

Shutterstock/oneinchpunch

Selama ini Jepang selalu dikenal sebagai negara yang punya budaya efisiensi tinggi dan sangat disiplin. Gimana nggak terkenal, setiap masyarakatnya juga melakukan budaya ini secara serentak sih. Penasaran nggak sih, kira-kira apa saja kebiasaannya dari pagi sampai malam hingga jadi orang yang disiplin? Nah, langsung simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Bangun pagi di pukul 06.00 dan langsung bersiap untuk beraktivitas

Shutterstock/Prostock-studio

Buat kamu yang susah bangun pagi, coba yuk ikuti konsep dari Jepang yang bernama “ikigai”. Maksud dari konsep ini, kamu harus temukan alasan untuk konsisten bangun pagi dan bisa juga diartikan sebagai tujuan kamu untuk hidup ini. Dikutip dari berbagai sumber, orang Jepang yang melakukan “ikigai” ini bisa membuat hidup lebih lama dan terarah. 

Contoh nyatanya, orang Jepang yang tinggal di Pulau Okinawa, mayoritas penduduknya berumur lebih dari 100 tahun lho!

2. Mengikuti senam radio yang disiarkan radio dan televisi setempat

goodlife.id

Kebiasaan orang Jepang yang satu ini sering kamu lihat di drama atau film Jepang. Istilahnya bernama Radio Taiso, memang awal mulanya senam ini disiarkan melalui radio, tapi saat ini sudah disiarkan melalui televisi juga lho. Senam ini hanya dilakukan selama 3 menit dan dengan gerakan yang sederhana. Masyarakat Jepang percaya, dengan melakukan senam ini bisa meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur.

3. Tepat waktu saat makan siang di pukul 12.00

Shutterstock/Twinsterphoto

Siapa nih di antara kamu yang suka telat atau bahkan terlalu cepat makan siang? Wah, kalau bagi orang Jepang, hal itu nggak berlaku ya. Soalnya, orang Jepang selalu makan siang tepat waktu pukul 12.00. Bahkan, pernah ada kasus salah satu karyawan di Jepang yang makan siang pukul 11.57 lalu mendapat teguran potong gaji. Wah, disiplin banget ya guys!

4. Pukul 19.00 jadi momen keluarga dengan menonton televisi bersama

Shutterstock/anek.soowannaphoom

Setelah pulang bekerja, biasanya orang Jepang menghabiskan waktu malam hari untuk makan malam bersama, kemudian menonton televisi bersama keluarga. Momen ini mirip dengan kebiasaan keluarga di Indonesia ya. Orang Jepang biasanya memilih program yang ringan namun menghibur, seperti program game show dan variety show. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya