TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Liburan Sendiri Bukan Cuma Bikin Kamu Semakin Berani

Bisa memberi banyak inspirasi

ilustrasi perempuan sedang berlibur (pexels.com/Julia Volk)

Bukan hanya meningkatkan sisi keberanian diri, melakukan kegiatan liburan seorang diri, juga memberikan banyak manfaat baik untuk perkembangan diri. Kamu gak lagi menunggu kecocokan jadwal dengan teman-teman, dan segera bisa merasakan kebahagiaan mengunjungi tempat yang kamu inginkan. Liburan bersama memang seru, tapi sendirian juga menyenangkan dan menantang.

Biar kamu semakin yakin untuk menjadwalkan liburan akhir pekan dengan pergi sendirian, baca lima alasan berikut ini, bahwa bukan hanya meningkatkan keberanian, tapi akan mendapatkan banyak hal baik lainnya.

1. Terlatih untuk hidup mandiri

ilustrasi pribadi yang mandiri (pexels.com/Andre Furtado)

Untukmu yang jenuh menghadapi pekerjaan, pergilah berlibur sebentar. Jika teman-teman masih sibuk, pergi saja sendiri. Ketika kamu pergi tanpa ada yang menemani, sisi kemandirian akan semakin meningkat.

Sebab, kamu perlu mengatur jadwal kegiatan sendiri, mencari tiket dan penginapannya sendiri, serta persiapan bekal lainnya yang akan dibutuhkan nanti. Sejak awal saja, kamu sudah belajar mandiri, maka dengan berani liburan sendiri, kamu bisa belajar melepaskan ketergantungan terhadap orang lain.

Baca Juga: 6 Kesalahan Ini Sering Terjadi Saat Liburan Sendiri

2. Akan terbiasa untuk menaklukkan ketakutan

ilustrasi berlatih mengatasi rasa takut (pexels.com/Pixabay)

Rasa takut sebelum mencoba melakukan sesuatu, sebenarnya hanya ada di dalam pikiranmu saja. Sebab, setelah berani mencoba, kamu akan merasakan sendiri, ternyata gak semenyeramkan bayanganmu.

Termasuk dalam kegiatan berlibur sendiri, awalnya wajar jika kamu takut, apalagi ini baru yang pertama kali. Namun, jika sudah terbiasa ke mana-mana sendiri, itu sama halnya kamu melatih diri untuk selalu bisa menaklukkan ketakutan yang masih berupa bayangan.

3. Menambah pengalaman baru yang seru

ilustrasi pengalaman berlibur (pexels.com/Aviv Perets)

Berlibur sendirian, tetap bisa menyenangkan. Bahkan, dapat memberimu banyak pengalaman baru yang seru. Bisa bebas mengunjungi destinasi yang kamu sukai kapan pun waktunya.

Bisa berkenalan dengan banyak orang baru yang ditemui. Bisa berekspresi sesuka hatimu tanpa rasa sungkan terhadap orang yang dikenal, dan lainnya. Ini bikin kamu semakin percaya diri menjadi versi terbaik karena punya banyak pengalaman tanpa ada yang membatasi.

4. Punya sudut pandang baru

ilustrasi berlibur memberikan sudut pandang baru (pexels.com/Andre Furtado)

Pergi seorang diri dengan tujuan berlibur, dapat memberikanmu ruang yang luas untuk merenungkan sesuatu. Sambil menikmati pemandangan dan yang lainnya, kamu bisa memperluas wawasan secara lebih fokus.

Dengan begitu, sudut pandangmu akan semakin banyak dan luas. Berlibur sendirian memberikanmu banyak waktu dan kesempatan untuk memandang sesuatu tanpa merasa takut terhadap perbedaan pandangan dengan yang lainnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Pertama Kali Solo Traveling

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya