TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Mampu Meningkatkan Sisi Positif Diri

Setiap orang ada positif dan negatifnya, tingkatkan baiknya

ilustrasi perempuan sedang tersenyum (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Setiap manusia pasti ada sisi positif dan negatifnya. Namun, hampir semua orang pasti ingin sisi positif di dalam dirinya yang lebih menonjol. Sebab, segala sesuatu yang baik, pasti akan kembali dengan hal yang sama.

Namun, seiring kehidupan berjalan, problematika yang ada, kerap menjadikan seseorang terisi hal-hal negatif. Maka, lakukan beberapa hal berikut ini untuk meningkatkan sisi positif diri.

1. Jangan terobsesi dengan kehidupan yang dijalani orang lain

ilustrasi menirukan gaya orang lain (pexels.com/Crina Doltu)

Setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing. Fokus saja pada apa yang kamu hadapi. Jangan terobsesi dengan kehidupan yang orang lain miliki.

Sebenarnya kamu pun tidak tahu secara pasti akan apa yang mereka alami. Entah tentang kesedihannya atau hal lainnya. Jika ingin sisi positifmu meningkat, maka tidak perlu mengingini apa yang kamu lihat dari perjalanan hidup orang.

Baca Juga: 5 Sisi Positif di Balik Sikap Masa Bodoh, Bukan Apatis! 

2. Tetaplah produktif di setiap hari

ilustrasi bekerja secara produktif (pexels.com/Karolina Grabowska)

Produktivitas mampu membuatmu kian berkualitas. Semakin berkualitas, maka jelas kepositifan diri terus bertambah. Sekalipun hati sedang gundah, tetaplah berusaha untuk beraktivitas baik, ya.

Bekerja dengan disiplin, beristirahat secara teratur, dan lakukan kegiatan lain yang menunjang kemajuan karier, serta pengembangan dirimu. Semakin kamu aktif, pastinya akan semakin positif.

3. Syukuri apa yang ada

ilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Elina Fairytale)

Bersyukur adalah kegiatan yang juga bisa meningkatkan sisi positif diri. Maka, cobalah syukuri segala hal yang kamu punya. Semakin banyak bersyukur, kenikmatannya akan bertambah.

Merasa kurang hanya akan membuatmu tidak bahagia. Apabila tidak bahagia, kemungkinan besarnya sisi negatiflah yang bertambah. Bersyukurlah juga atas segala hal yang ada di dalam diri, entah itu kekurangan maupun kelebihannya.

4. Temukan hikmah di segala hal buruk yang pernah dialami

ilustrasi orang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan, memang awalnya menyakitkan. Namun, itu semua bukanlah akhir dari segalanya. Nah, agar kamu tidak menjadi terpuruk, temukanlah hikmah di balik peristiwa tersebut.

Isi sisi positif diri dengan cara menerima kenyataan, dan tetap melakukan yang terbaik untuk masa depan. Jadikanlah pengalaman tersebut sebagai pembelajaran, agar jika terulang kembali, kamu bisa mengatasi.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Selalu Melihat Sisi Negatif dari Orang Lain

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya