TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Tingkatkan Kedewasaan Diri dari Masalah yang Dihadapi

Kedewasaan bisa terbangun dari persoalan yang datang

ilustrasi meningkatkan kedewasaan dari masalah yang menimpa (pexels.com/Gustavo Fring)

Setiap orang pasti memiliki masalah. Sekalipun tak sama, kita tetap memerlukan kebijaksanaan dan kedewasaan dalam penyelesaiannya. Perjalanan dan proses menghadapi masalah juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan kedewasaan diri.

Tentu tak semua orang mampu melakukannya, ada juga yang malah semakin kekanak-kanakan meski usianya terus bertambah. Untukmu yang ingin belajar meningkatkan kedewasaan diri dari segala masalah yang dihadapi, berikut lima tipsnya.

1. Mempelajari sesuatu yang pernah terjadi 

ilustrasi belajar dari pengalaman masa lalu (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pernah mendengar pernyataan "Belajarlah dari pengalaman"? Belajar dari pengalaman hidup, baik itu menyenangkan maupun menyedihkan, merupakan tips jitu untuk meningkatkan kedewasaan diri dan menjadi pribadi yang semakin baik.

Guru yang terpuji dalam kehidupan salah satunya adalah pengalaman. Maka, untuk menjadi pribadi dewasa, jangan berhenti mempelajari sesuatu yang pernah terjadi. Tak hanya dari pengalamanmu sendiri, bahkan dari pengalaman orang sekitar pun bisa menjadi pembelajaranmu untuk semakin bertumbuh dan berkembang.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Lingkungan yang Beda Frekuensi, Ikuti Kata Hatimu

2. Tingkatkan wawasan tentang permasalahan yang sedang kamu alami 

ilustrasi belajar untuk menambah wawasan (pexels.com/AlphaTradeZone)

Masalah tak selamanya membawa tekanan di dalam kehidupan. Jika kamu mampu mengambil sisi positif dari segala masalah yang menimpa, itu akan membuat wawasan dan pengetahuanmu semakin bertambah. Hal tersebut terjadi karena ada upaya darimu untuk mencari pemecahannya.

Untuk menemukan solusi, sering kali kita harus mengetahui berbagai hal, barulah memilih yang paling tepat. Tingkatkan wawasan tentang pokok permasalahan supaya kamu bisa mendapatkan solusi yang bijak dan penuh kedewasaan. Orang yang dewasa memiliki wawasan luas terkait masalahnya sehingga dia mampu memilih cara yang seharusnya digunakan untuk penyelesaian.

3. Jangan pernah lari dari masalah 

ilustrasi upaya menghindari masalah (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ingin tingkat kedewasaan diri semakin meningkat meski sedang bermasalah? Simpel saja, jangan pernah lari dari masalah yang sedang menimpa diri. Kuncinya adalah hadapi dengan berani. Stres itu pasti, tapi jika kamu menghindar, tekanan stresnya malah semakin tinggi dan memunculkan permasalahan baru.

Namun, jika kamu yakin dan berani menghadapi sampai selesai tuntas, itu tak hanya meningkatkan kualitas diri, tapi juga membentukmu menjadi pribadi yang semakin dewasa. Berat atau ringan, pada intinya adalah masalah itu untuk dihadapi bukan untuk dihindari.

4. Jangan selalu bergantung kepada orang lain 

ilustrasi mengandalkan orang lain saat proses menyelesaikan masalah (pexels.com/Thirdman)

Selagi kamu mampu menggunakan kekuatan diri, jangan selalu bergantung kepada orang lain dalam tahapan menyelesaikan masalah. Pasalnya, jika terus-menerus begitu, kapan kamu dewasanya? Belajarlah mandiri, cobalah berani mengambil keputusan sendiri.

Hilangkan kebiasaan bergantung kepada orang lain. Berusahalah sendiri dulu, semua butuh waktu dan proses berlatih. Kuncinya, jangan takut dan ragu untuk memutuskan sesuatu selagi kamu sudah mempertimbangkannya secara matang. Segera putuskan dan lakukan. Kedewasaan semakin meningkat ketika kamu bertanggung jawab penuh atas segala hal yang dihadapi.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Cewek yang Gampang Moody, Jangan Pakai Otot!

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya