TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Jaga Keseimbangan Saat Bertanggung Jawab atas Banyak Pekerjaan

Atur waktu demi fokus pikiran dan energimu

ilustrasi menyelesaikan pekerjaan tepat waktu (pexels.com/Yan Krukov)

Apakah kamu sedang menjalani beberapa jenis pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab? Semangat dan cobalah selesaikan satu per satu dengan maksimal karena tentu butuh tenaga yang ekstra dan fokus pikiran yang tinggi.

Nah, karena ini sudah menjadi kewajiban yang perlu segera diselesaikan, maka jagalah keseimbangannya. Beberapa tips berikut ini bisa membantumu bertanggung jawab demi menyelesaikan banyak pekerjaan.

1. Atur pola waktumu dalam bekerja

ilustrasi bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ketika memiliki tanggung jawab beberapa pekerjaan dengan deadline yang juga berdekatan, maka waktu pengerjaan dan penyelesaiannya perlu diperhatikan. Aturlah setiap waktunya dengan baik dan bijak. Jangan ada yang terlewatkan.

Kamu bisa membaginya dalam beberapa jangka waktu tertentu. Buatlah jadwalnya dengan menyesuaikan urutan prioritasnya, mulai dari yang mendesak hingga ke bagian-bagian pelengkap lainnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Tidak Bertanggung Jawab dalam Bekerja, Jangan Begini!

2. Kelola energimu

ilustrasi orang mendapatkan energi positif (pexels.com/omer havivi)

Mengerjakan banyak hal, membutuhkan energi yang stabil. Maka, kelolalah energimu agar gak sampai dipaksakan bekerja tanpa ada hentinya. Sebab, kemungkinannya itu gak akan bertahan lama, bahkan mampu menjadikanmu semakin lelah.

Untuk mengelola energi, bisa dilakukan dengan cara membangun pola hidup yang sehat. Mulai dari makanan sehari-hari yang kamu konsumsi hingga kebiasaan lainnya. Lakukan sewajarnya dan sesuaikan dengan kebutuhan energi dalam tubuhmu.

3. Selesaikan pekerjaan utama dulu sampai tuntas

pexels.com/Ron Lach

Banyaknya pekerjaan yang dijalani dapat membuatmu kehilangan fokus, bahkan kelelahan tubuh. Untuk itu agar semua selesai tepat pada waktunya dan hasilnya memuaskan, maka tuntaskan dulu pekerjaan utamanya.

Hindari melakukan berbagai aktivitas yang berbeda bidang pekerjaan dalam waktu bersamaan. Bukannya selesai, justru dapat membuat semuanya menjadi berantakan. Selain itu, fokusmu juga gak bisa tajam karena terbagi ke beberapa bagian. Sabarlah dalam berproses demi hasil yang sukses.

4. Cukupi waktu istirahatmu

ilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sayangi dirimu dalam menjalani kehidupan ini, termasuk saat kamu sedang bekerja. Kewajiban memang harus dipertanggungjawabkan, tapi gak berarti untuk menyiksa diri. Demi keseimbangan yang kamu harapkan, maka berusahalah untuk tetap mencukupi waktu istirahatmu. Tidurlah 7-8 jam per harinya. Jalani dengan penuh konsisten supaya kesehatanmu terjaga.

Ingat, kesehatan juga bagian dari keseimbangan tubuh dan pikiran, terlebih bagi kamu yang sekarang sedang memiliki beberapa tanggung jawab pekerjaan. Maka, ada baiknya untuk lebih memperhatikan kesehatan, ya.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Membangun Karakter yang Kuat dan Bertanggung Jawab

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya