TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanaman Berdaun Indah yang Cocok Diletakkan di Kamar Mandi Rumahmu

Ada yang membawa keberuntungan

pexels.com/Ksenia Chernaya

Selain ruang tamu atau kamar tidur, tanaman hias biasanya ditempatkan di kamar mandi untuk memberi kesejukan alami. Meletakkan tanaman tertentu pada kamar mandi, juga dipercaya membawa keberuntungan lho!

Ruangan pun jadi lebih segar dengan tambahan tanaman hijau. Untuk itu, berikut kami bagikan beberapa ide tanaman yang bisa memperindah kamar mandimu. Apa saja? Yuk, intip di bawah ini!

1. Bambu rezeki

feng-shui.lovetoknow.com

Tanaman bambu rezeki bisa kamu tempatkan pada interior dan ruangan jenis apa pun. Bentuknya memanjang dengan batang-batang melingkar dan daun panjang. Konon, jumlah batang yang ada menentukan berkah apa yang ingin kamu dapatkan. 

Tanaman ini berasal dari Kamerun di Benua Afrika. Media tanam bambu rezeki bisa pada air, tempat yang dialiri air, atau tanah dalam pot. Asal menjaga kelembapan dan temperatur suhu antara 18,3-32,2 derajat Celcius, tanaman yang disebut bambu hoki ini dapat tumbuh subur. 

2. Lidah buaya

almanac.com

Tumbuhan yang memiliki daun berdaging tebal dari genus aloe ini, berasal dari Arab. Tanaman liarnya telah menyebar di negara-negara tropis kering, termasuk Indonesia.

Kini, lidah buaya merupakan tanaman yang populer dan mudah ditemui. Ia juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat dan budidaya pertanian. 

Selain itu, kandungan baik seperti antioksidan, membuat tanaman ini kerap digunakan sebagai perawatan kulit. Aloe mengandung kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, Vitamin A, B, C, dan E. 

Aloe vera tidak memiliki batang. Tingginya berkisar antara 60-100 cm dan dapat berkembang biak dengan tunas. Media tanah yang dibutuhkan aloe harus bersifat kering dan berpasir. Tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari yang terlalu banyak. 

Baca Juga: Tak Hanya Indah, 6 Tanaman Ini Berguna Banget untuk Disimpan di Dapur

3. Aspidistra (cast-iron plant)

thespruce.com

Aspidistra atau tanaman besi cor merupakan tanaman hias yang kuat. Meski ringan, ia justru bisa bertahan hidup dengan membunuh tanaman yang lebih rendah. Tanaman berdaun oval ini tumbuh di tempat yang teduh, sehingga cocok untuk area kamar mandi.

Berasal dari Kepulauan Osumi, Jepang, spesies ini masih merupakan anggota keluarga lily. Tanaman besi cor punya kelopak bunga warna ungu kecil, yang tampak di dekat permukaan tanah serta sembunyi di bagian daun.  

Untuk merawatnya, Aspidistra membutuhkan cahaya semi teduh dengan kelembapan tanah sepanjang musim panas. Temperatur yang dibutuhkan adalah pada suhu 60- 80 derajat Fahrenheit. Kamu dapat menambahkan pupuk cair untuk mengontrol kesuburan. 

4. English ivy

amazon.co.uk

Tanaman ini merupakan tanaman perenial yang tumbuh merambat. Pertumbuhannya tergolong cukup cepat.

Masih bagian dari famili Araliaceae, English ivy berasal dari Eropa dan Asia Barat. Daunnya indah menyerupai daun maple dan biasanya tumbuh dengan cara digantung. 

English ivy tumbuh subur pada dataran rendah dengan suhu antara 30-35 derajat Celcius. Apabila ditanam di pot, diameter daunnya bisa mencapai 20-30 cm.

Media tanam yang digunakan adalah humus dan tanah kompos. Kamu dapat menyiramnya dua kali dalam sehari. 

Baca Juga: Seperti Aromaterapi, 6 Tanaman Ini Berkhasiat untuk Hilangkan Stres  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya