TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bikin Bakatmu Selalu Terpendam, Segera Sadari!

Kamu dapat bersinar terang

pexels.com/Christina Morillo

Setiap orang punya bakat dan potensinya masing-masing, termasuk kamu. Nah, kamu tentu pernah mendengar tentang bakat terpendam, 'kan? Sangat disayangkan bila bakat yang kamu miliki hanya terpendam dan terkubur.

Bakat seseorang terlihat dari kemampuannya yang melebihi orang lain di bidang tertentu. Kalau begitu, kenapa sih bakat seseorang bisa terpendam? Bahkan mungkin saja ada yang bakatnya terpendam seumur hidup lho! Daripada bingung dan penasaran, yuk kita simak 5 hal yang bikin bakatmu selalu terpendam.

1. Pertama, kamu tidak menyadari bakatmu sendiri

pexels.com/rawpixel.com

Hal pertama yang bikin bakat seseorang terpendam adalah ketidakmampuannya dalam mengenali dan mengetahui bakat yang ia miliki. Hal ini tentu sangat penting, sebab bagaimana mungkin seseorang mau mengembangkan bakatnya yang terpendam kalau ia sendiri tidak sadar dan tahu apa bakat yang dimilikinya?

Jadi, langkah pertama yang harus diakukan adalah mencari tahu dengan teliti, bakat apa saja yang mungkin kamu miliki, dengan mengamati minat dan pengalamanmu sehari-hari yang kemudian menuntunmu untuk menemukan bakatmu yang sesungguhnya.

2. Kamu tidak pernah mengasahnya

pexels.com/Bùi Nam Phong

Sudah bukan rahasia lagi nih, kalau bakat itu harus diasah, dilatih dan dikembangkan dengan sedemikian rupa agar tidak terpendam begitu saja. Selama ini, kamu mungkin tidak pernah mengasah bakat yang kamu punya, bahkan setelah kamu tahu apa bakat yang kamu miliki. 

Walau yang namanya bakat itu unik dan spesial untuk masing-masing orang, tapi bakat tak akan berarti apa-apa jika tidak disertai usaha untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, mulai sekarang asahlah dan jangan menyia-nyiakan bakatmu, ya!

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Ini Bisa Membantu Menemukan Bakat Terpendammu!

3. Merasa tidak percaya diri dengan bakat sendiri

unsplash.com/Tim van der Kuip

Tanpa rasa percaya diri dengan bakat yang kamu miliki, maka semua usaha untuk mengasah bakat milikmu akan stuck di tengah jalan. Sebab, lama kelamaan kamu akan gampang menyerah lho. Belum lagi kalau kamu mungkin jadi minder atau tidak percaya diri ketika membandingkan diri dengan orang lain.

Nah, pada dasarnya nih kepercayaan diri itu perlu dibangun dan dibiasakan agar nantinya dapat mendukung bakatmu yang terpendam. Mungkin pada awalnya tidaklah mudah, namun percayalah kalau kamu dapat memiliki rasa percaya diri yang kuat, seiring dengan berjalannya waktu.

4. Belum menemukan mentor atau pembimbing yang tepat

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Beberapa orang memilih untuk mengembangkan bakatnya secara otodidak atau secara mandiri, ada juga yang memilih untuk mengembangkan bakatnya dengan bimbingan mentor atau pembimbing. Nah, tak ada yang salah kok untuk mengembangkan bakat secara mandiri.

Namun, untuk beberapa orang dan bakat tertentu, perlu banget nih arahan dari sang mentor. Dengan begitu, kamu dapat mengembangkan bakat milikmu dengan pesat. Atau, kamu mungkin sudah menemukan mentor, hanya saja mentor tersebut belum cocok dan tepat untukmu. Jadi, jangan menyerah dan tetap semangat guys!

Baca Juga: Apa Ya Bakat Terpendam yang Kamu Miliki?

Verified Writer

Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya