TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penguat Diri dari Lagu 'Si Lemah' RAN feat Hindia, Kamu Berarti Kok!

Jangan salahkan dirimu terus, ya

YouTube.com/RANforyourlife

Apakah kamu merasa dirimu lemah? Kayaknya hampir semua orang berpikiran demikian, ya. Padahal sebenarnya pemikiran tersebut gak baik, lho buat diri sendiri.

Buat kamu yang merasa lemah dan gak berguna, coba deh dengarkan lagu terbaru RAN featuring Hindia, Si Lemah, ini. Meski judulnya membuat insecure, namun lirik lagu ini justru bisa jadi penguat dirimu. Jangan terus menyiksa diri dengan mengatakan dirimu lemah, kasihanilah dirimu juga. Setiap orang punya hal baik tersendiri yang sangat berarti, kok!

Yuk, kita resapi lagu RAN dan Hindia ini!

1. Pura-pura sempurna justru tak seutuhnya membuatmu aman

Unsplash/Kuo-Chiao Lin

Benarkah ini yang kau ingin
Pura-pura sempurna
Kelabui celah
Demi aman, nyamanmu tersia

Kamu pasti sering mengaku 'enggak apa-apa' padahal sedang kenapa-napa. Ya, pada dasarnya kita memang selalu ingin terlihat oke dan baik-baik saja di depan orang lain agar mereka tidak khawatir. Sayangnya, justru pura-pura sempurna seperti ini gak bikin kita lebih kuat.

Ingat, it is okay not to be okay. Tampak tidak berdaya bukanlah sebuah dosa. Justru kalau pura-pura oke, kamu hanya menciptakan rasa aman yang semu. Gak apa-apa, mengaku saja kalau sedang tidak apa-apa.

Baca Juga: Yuk Bersinar, 7 Lagu Inspiratif Ini Bikin Perempuan Lebih Percaya Diri

2. Setiap manusia punya kekurangan kok, gak perlu minder dengan apa pun yang kamu punya

Unsplash/Eric Ward

Hai si lemah
Buatlah semesta menerima
Dirimu apa adanya

Dunia ini isinya gak selalu tentang kamu. Perlu diingat, gak ada manusia di dunia ini yang sempurna tanpa celah dan kesalahan maupun kekurangan. Jadi, kamu gak sendirian kalau punya kelemahan tertentu.

Ya, kamu gak selalu harus jago di berbagai hal, kok! Gak apa-apa, itu gak salah! Jadi, terimalah dirimu apa adanya, maka semesta pun akan memperlakukanmu demikian.

3. Menipu dirimu sendiri gak akan beri perubahan berarti, terimalah diri apa adanya

Pexels/Daniel Reche

Habis daya bangun imaji
Hingga bohongmu tak lagi
Berbohong lagi
Yang kau tipu dirimu sendiri

Kalau kamu memaksakan diri melakukan hal yang sebenarnya kamu gak bisa, bukankah justru itu membuat dirimu jadi tampak lebih buruk? Maka, akui saja apa yang kamu miliki dan tidak kuasai. Karena sayang kalau kamu cuma membuang energi untuk melakukan sesuatu yang hasilnya gak bagus lantaran kamu tidak menguasainya.

4. Beranjaklah! Kalau cuma rebahan di kasur hidupmu gak akan berubah juga

unsplash.com/Milan Popovic

Pagi yang berat
Kasur yang erat
Menahan dirimu bersinar
Berguna di mata dunia
Tarik napas yang dalam
Dan dengarkan ini
Apa pun yang kau idap atau menghantui
Bukan halanganmu untuk kalahkan hari

Ya, segala kelemahanmu itu jangan dipikirkan terus. Semakin kamu memikirkannya, semakin kamu tidak bergerak dan membuat perubahan. Kalau memang ingin dipandang, bukankah kita harus berusaha?

Maka, apa pun yang menghantui pikiranmu, jangan disimpan terlalu lama. Kamu harus tetap menjalani hidup seperti biasa. Sabar, perlahan semua akan baik-baik saja kok!

5. Sudah, ya. Jangan benci dirimu karena kamu berarti, sekecil apa pun hal baik yang kamu lakukan

Unsplash/Tyler Nix

Relakanlah
Masih banyak senyum di dunia
Yang bisa terima semua indah kurangmu
Bila engkau berbeda
Jangan kau benci dirimu

Kelemahan yang kamu punya bukan serta merta jadi hambatan besar dalam hidupmu. Mungkin kamu merasa gak aman dengan omongan orang, tapi ingatlah bahwa ada orang lain yang lebih mendukungmu. Mereka yang akan selalu tersenyum untukmu.

Berbeda itu gak apa-apa, justru dengan perbedaan-perbedaan ini membuat kehidupan umat manusia lebih sempurna karena saling melengkapi. Sudah, jangan terlalu membenci dirimu. Maafkanlah dan sekarang tatap teguh ke depan. Kuatkan hati bahwa kamu berarti!

Baca Juga: 6 Lagu Inspiratif dari Stray Kids, Bikin Kamu Tambah Semangat!

Verified Writer

Gendhis Arimbi

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya