TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta tentang Didiet Maulana, Fashion Designer Indonesia

Sang fashion designer kebanggaan Indonesia

Didiet Maulana (instagram.com/didietmaulana)

Banyak sekali fashion designer muda bermunculan, bahkan ada juga yang bukan dari lulusan fashion design beralih profesi menjadi fashion designer. Didiet Maulana adalah seorang fashion designer yang sudah terbilang senior dan meski bukan jebolan dari fashion design, tapi latar belakangnya tidak jauh dari kata designer, lho! 

1. Fashion designer dan pengusaha

Didiet Maulana (instagram.com/didietmaulana)

Didiet Maulana adalah seorang fashion designer kebanggaan Indonesia. Selain sebagai fashion designer, Didiet Maulana ternyata juga seorang entrepreneur. Gak menyangka dia ternyata jebolan arsitektur, jadi karya-karyanya mendapat pengaruh dari ilmu arsitek yang dia dapat saat kuliah. Dari mulai lebih memilih menekuni tenun dan kebaya, sampai motif-motif tenunnya simetris, tegas dan indah. 

Baca Juga: 9 Kebaya Rancangan Didiet Maulana, bikin si Pemakai Terlihat Ningrat

2. Founder Ikat Indonesia

Ikat Indonesia (instagram.com/didietmaulana)

Ada yang sudah tahu brand Ikat Indonesia? Brand yang mengangkat tenun sebagai produk lokal kebanggaan Indonesia. Selain sebagai penggagas brand Ikat Indonesia, ternyata Didiet Maulana terjun langsung menjadi intrepreneur.

Dia tidak hanya fokus pada kebaya dan baju pengantin, tapi juga memproduksi pakaian-pakaian ready to wear untuk pria maupun wanita. Gak hanya memproduksi itu lho, kamu bisa menemukan berbagai macam produk Ikat Indonesia seperti sarung bantal, tas jinjing, sampai souvenir.

3. Langganan artis

pernikahan Vidi Aldiano (instagram.com/didietmaulana)

Pelanggan artis maupun pejabat mempercayakan Didiet Maulana sebagai designer baju mereka. Deretan artis Indonesia yang sering memakai karyanya, seperti Nikita Willy, Bunga Citra Lestari, Maudy Ayunda sampai Vidi Aldiano.

Bahkan nih, beberapa pejabat juga mempercayakan dia sebagai designer baju untuk memperkaya wastra Jawa Barat dan wilayah lainnya. Kontribusi untuk melestarikan budaya Indonesia gak main-main, fashion designer seperti Didiet Maulana ini memang harus didukung.

4. Buku kisah kebaya

buku kisah kebaya (instagram.com/didietmaulana)

Sepertinya masih belum lengkap kalau hanya berkarya lewat peragaan busana dan berbisnis, Didiet Maulana membagikan ilmu tentang sejarah dan budaya yang mempengaruhi nilai dan estetika budaya, mengabadikan karya-karya kebayanya yang anggun itu ke dalam sebuah buku. Keren banget gak sih?

Buku ini juga bisa menjadi inspirasi kamu yang sekarang belajar fashion design atau buat kamu yang sekarang sedang menekuni bisnis di bidang fashion kebaya dan bridal. Banyak sekali ilmu yang bisa dipelajari dari Didiet Maulana, dari mulai belajar mendesain, berbisnis, sampai belajar sejarah warisan budaya.

Baca Juga: Koleksi Lebaran 'Tirta Kirana' By Didiet Maulana, Bikin Bebas Gerak!

Writer

Gillian Goo

Designer 🌻 Blogger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya