TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebaikan Saat Berhasil Menyingkirkan Rasa Takut, Sudah Coba?

Mari buang ketakutan dan segera raih kesempatan baik!

Unsplash/Tim Bogdanov

Ketakutan seolah menjadi momok tersendiri bagi seseorang yang tengah berusaha atau tengah mencoba keluar dari kendala yang ada. Ketakutan yang berlebihan tentunya menghambat kegiatan sehari-hari dan juga membuat kepercayaan diri menurun drastis karena selalu dibayang-bayangi rasa takut atau cemas.

Padahal banyak manfaat yang kita rasakan saat mencoba menaklukan ketakutan yang menghantui. Karena di bawah ini ada lima kebaikan yang akan kamu rasakan saat berusaha menyingkirkan rasa takut yang ada.

1. Tak takut lagi menghadapi kegagalan di kemudian hari

Unsplash/Clem Onojeghuo

Rasa takut bisa muncul karena pengalaman pahit ketika menghadapi banyak kegagalan selama ini. Sehingga membuatmu merasa kecut hati.

Padahal bila kamu punya tekad yang besar dan kuat untuk menyingkirkan rasa takut yang ada dalam dada. Maka, kelak kamu akan lebih berani dan tangguh bila suatu saat menemui kegagalan, yang bahkan jauh lebih sulit dari sebelumnya. Sehingga akan lebih mudah untuk melewatinya kelak.

2. Mengetahui serta mampu mengatasi kekurangan diri dengan baik

Unsplash/Ihor Saveliev

Kekurangan yang kita punya tak jarang mempunyai andil besar dalam ketakutan yang dialami. Ketakutan bisa bermula dari rasa kurang percaya pada kemampuan diri sendiri yang berakibat pada timbulnya kecemasan yang berlebihan.

Ketika mencoba untuk menaklukan rasa takut maka secara tidak langsung kita mampu mengatasi kekurangan atau kelemahan yang ada ada dalam diri sendiri. Karena berani untuk memperbaiki dan bekerja keras untuk mengubah ketakutan yang ada sebagai energi yang baik.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Sikap Mental Positif, Bebas Rasa Takut!

3. Mampu mengambil keputusan dengan hati-hati dan bijak

Unsplash/Richard Jaimes

Tentu saja melawan rasa takut adalah sebuah kesulitan yang harus segera dituntaskan. Ketika rasa takut melanda dan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari maka segala kegiatan yang dilakukan bisa terhambat karenanya.

Ketika mencoba melawan rasa takut maka kita akan dihadapkan oleh pilihan serta keputusan yang harus dipertimbangkan dengan matang-matang. Jika telah berhasil melewati semua ketakutan tersebut maka dengan begitu kita akan mudah untuk melawan rasa takut di kemudian hari karena mampu mengambil keputusan dengan tepat dan bijak.

4. Mendapat pengalaman berharga bila ketakutan ternyata tak akan membuat kemajuan berarti

Unsplash/Brooke Cagle

Ketika berhasil menyingkirkan rasa takut yang ada selama ini maka kita mendapat pengalaman berharga yang tentunya bermanfaat untuk seterusnya. Pengalaman tersebut mengajarkan sesuatu, bahwasanya ketakutan yang terus-menerus dipelihara tak akan membawa dampak positif bagi kehidupan.

Justru dengan terpaku bersama ketakutan akan sesuatu, membuat diri sendiri susah berkembang hingga pada akhirnya tak menikmati kemajuan yang harusnya dirasakan jauh-jauh hari.

Baca Juga: 5 Jenis Rasa Takut yang Perlu Dimiliki oleh Kamu yang Ingin Sukses

Verified Writer

its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya