TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perubahan Baik yang Dirasakan saat Kamu Berhenti jadi Pendendam

Hidup lebih tenang dan damai

unsplash.com/louis tricot

Salah satu sifat negatif yang harus kamu buang dan hilangkan segera ialah dendam. Karena menjadi pribadi pendendam sebenarnya tak membawa pengaruh baik apa pun padamu. Menjadi pendendam justru membuatmu jadi pribadi yang tidak dewasa dan mudah merasa iri hati, dengki dan benci. Nah, bagimu yang berusaha berhenti jadi pendendam maka akan banyak perubahan baik yang wajar kamu rasakan. Apa sajakah? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Lebih tenang dan damai

unsplash.com/Christian Newman

Saat kamu memutuskan untuk berhenti jadi orang yang pendendam maka perubahan yang kamu rasakan ialah, adanya ketenangan dan damai yang sebelumnya terasa sulit kamu dapat. Karena saat dendam dihilangkan maka kamu tak lagi memikirkan hal negatif yang selama ini masih kamu simpan dalam hati.

Perginya hal negatif dalam hatimu bisa membuat hal positif banyak datang dalam hidupmu, termasuk rasa tenang dan damai.

2. Emosi jadi lebih terkendali

unsplash.com/Brooke Cagle

Saat kamu dulu masih memiliki sifat pendendam maka tak dimungkiri bila kamu jadi orang yang gampang bertindak ceroboh, mudah marah serta sering menyimpan kekesalan yang sebenarnya tak perlu kamu lakukan.

Saat kamu berhenti jadi pendendam maka perubahan baik yang dirimu rasakan ialah emosi lebih mudah dikendalikan, kamu tak lagi menuruti emosi negatifmu yang bisa berujung pada masalah atau penyesalan nantinya.

Baca Juga: 5 Zodiak Pendendam yang Gak Bakal Lupa Jika Kamu Tinggalkan Saat Susah

3. Bijaksana dalam menyikapi sesuatu atau masalah

unsplash.com/Wendell Fernandes

Karena kamu tak lagi menyimpan dendam pada sesuatu atau orang lain lagi, maka kamu akan berubah seiring waktu menjadi lebih bijak dan juga dewasa. Daripada jadi pendendam kamu berpikir ada baiknya fokus pada hal yang jauh lebih penting serta bermanfaat. Daripada menghabiskan waktu untuk hal yang hanya menguras energimu.

4. Turut senang melihat keberhasilan atau kebahagiaan orang lain

unsplash.com/Gradikaa Aggi

Mungkin saja kamu dulunya sangat benci melihat keberhasilan atau kebahagiaan orang lain yang tak kamu sukai. Namun, saat kamu telah berhenti jadi pendendam maka perasaan tak suka akan perlahan menghilang.

Kamu tak lagi iri atau sakit hati melihat orang lain lebih berhasil atau memiliki hal yang tak kamu punya. Justru kamu belajar untuk lebih ikhlas dan tetap berusaha agar apa yang kamu inginkan lekas tercapai.

Baca Juga: 6 Tanda yang Menunjukkan Kamu Bukan Tipe Pendendam

Verified Writer

its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya