TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

14 Tanda Kalau Kamu Termasuk Orang yang 'Sangat Sensitif'

Dan mereka ada di sekitar kalian!

playbuzz

Kita semua pasti pernah menemukan orang yang sangat sensitif sebelumnya, atau bahkan mungkin Kalian pernah berhubungan dengan seseorang yang termasuk dalam kategori ini. Kita semua tahu bahwa Kalian harus sangat berhati-hati dalam memilih kata-kata sebelum mengatakannya karena Kalian tidak pernah tahu bagaimana reaksi mereka.

Penelitian terbaru telah menunjukkan beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang tipe seperti itu, dan selama hidup kita tentu sudah banyak sekali melihat orang-orang seperti itu di sekitar kita. Kebanyakan dari mereka cenderung menjadi seorang pemikir yang dalam, hal itu memang bukan suatu kebiasaan buruk akan tetapi sikap yang sangat sensitif itu bisa menimbulkan efek buruk bagi orang itu sendiri, tak menutup kemungkinan juga bagi lawan bicaranya, yaitu kita.

Hasil dari pemikiran-pemikiran yang mendalam memang sangat bagus sekali bagi sebuah tim, sebab dengan begitu akan muncul ide-ide besar. Jika kalian mendapati orang yang sangat sensitif ingin bergabung ke dalam tim yang kalian miliki, perlu kalian ingat bahwa orang-orang seperti itu cenderung ingin bekerja sendiri.

Nah, bagi kalian yang bertemu atau berteman dengan orang-orang sensitif, di bawah ini ada beberapa petunjuk mengenai ciri-ciri orang yang sangat sensiti. Dengan begitu kalian bisa mempelajari lebih jauh lagi tentang orang dengan tingkat sensitivitas tinggi, dengan mengetahuinya maka kalian bisa menjalin hubungan dengan orang seperti lebih baik lagi.

1. Mereka seringkali mendengarkan hal yang sama, lagi dan lagi

pixabay

Seseorang yang sangat sensitif akan selalu ditanya hal yang sama; “Mengapa kau begitu sensitif?” Dan "Jangan mengambil hal-hal secara pribadi.” Ini berasal dari kemampuan mereka untuk dengan mudah berbagi perasaan mereka dengan orang lain, tidak selalu dengan cara yang positif.

2. Mereka mudah sharing tentang perasaan mereka

pixabay

Bukanlah sebuah masalah besar bagi orang-orang yang sangat sensitif untuk berbagi tentang masalah-masalah yang sedang mereka hadapi. Di lain sisi, mereka juga akan bereaksi dengan cepat dalam menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.

3. Orang yang sangat sensitif lebih cepat mendeteksi kebohongan sebelum orang lain menemukannya

pixabay

Mereka bisa menjelma menjadi seorang detektif hKalianl, hal itu disebabkan karena mereka memiliki intuisi dan perhatian yang lebih detail terhadap sesuatu.

4. Orang yang sangat sensitif lebih suka berolah raga sendirian

pixabay

Kebiasaan ini disebabkan karena orang-orang yang sangat sensitif selalu merasa ada seseorang yang memperatikannya. Maka dari itulah mereka lebih nyaman melakukan sesuatu sendirian, termasuk olah raga.

5. Orang-orang sensitif akan memikirkan sesuatu secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan

pixabay

Butuh waktu yang lebih lama bagi orang-orang sensitif untuk mengambil keputusan. Mereka menempatkan banyak pemikiran terhadap keputusan apapun yang ingin mereka ambil dan ini bisa menyebabkan pengambilan keputusan yang tertunda.

6. Orang sensitif cenderung menggunakan otak kanan dan cenderung lebih penasaran serta imajinatif

pixabay

Otak kanan itu sangat berhubungan erat dengan bagaimana seseorang mengekspressikan emosi mereka, hal itulah yang membuat mereka menjadi seseorang yang sangat hKalianl dalam mengenali ekspresi wajah orang lain.

7. Mereka membiarkan keputusan yang buruk mempengaruhi mereka lebih dari orang normal

pixabay

Jika mereka membuat keputusan yang salah maka mereka akan mengalahkan diri mereka diatas keputusan orang lain. Ini erat hubungannya dengan ciri-ciri sebelumnya tadi yang menunjukkan bahwa orang-orang sensitif itu punya pemikiran yang lebih mendalam.

8. Mereka cenderung bisa bekerja lebih baik ketika ditinggalkan sendirian

pixabay

Di dalam suasana kantor yang lebih terbuka, orang-orang sensitif hampir tidak bisa memainkan otaknya. Masih ingat kan bahwa mereka cenderung merasa ada seseorang yang memperatikannya? Nah, mereka selalu punya perasaan khawatir ada orang yang memperhatikan kinerjanya dan mereka siap menunjukkan sesuatu yang negatif pada orang lain.

9. Mereka lebih rentan terhadap depresi dan kecemasan

pixabay

Jika orang yang sangat sensitif telah melalui banyak hal negatif dalam hidup mereka, mereka akan lebih rentan untuk jatuh ke dalam depresi. Hal ini disebabkan karena mereka punya pemikiran yang lebih dalam terhadap suatu hal daripada orang normal.

10. Orang yang sangat sensitif menganggap seks sebagai perbuatan sakral

pixabay

Mereka hampir tidak mungkin menganggap bahwa hubungan seks adalah hal biasa (seperti yang terjadi pada orang-orang modern sekarang ini). Mereka harus benar-benar nyaman dalam segi spiritual yang mendalam untuk bisa mendapatkan kemesraan pada pasangannya.

11. Sesuatu yang menjengkelkan bagi orang normal akan terasa lebih menjengkelkan lagi bagi orang-orang yang sensitif

pixabay

Suara-suara kecil berisik bagi orang normal bagaikan pembunuh bagi orang-orang yang sangat sensitif. Semua bisa menjadi lebih dramatis sebab orang-orang yang sensitif itu mudah kewalahan.

12. Orang-orang sensitif kebanyakan tidak suka film kekerasan

pixabay

Jika orang-orang di sekitar kalian ada beberapa yang suka nonton film komedi, film dokumentar atau film romantis, berhati-hatilah. Sebab orang-orang itu bisa jadi sangat sensitif.

13. Orang yang sangat sensitif kebanyakan sangat santun

pixabay

Menjadi orang yang lebih sopan santun daripada orang lain tidak akan menimbulkan pKalianngan atau perkataan negatif dari orang lain untuk orang yang sangat sensitif. Percaya atau tidak, untuk yang satu ini silahkan dibuktikan sendiri.

Writer

Halim Firmansyah

Seorang pekerja serabutan online yang sedang sibuk mengurusi blog pribadi dan sibuk menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya