TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Manajemen Dirimu Sudah Baik, Minim Menyalahkan Orang Lain!

Semua urusan tertata dengan baik

pexels/moosephotos

Setiap orang memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dalam berbagai hal. Baik itu karir, kehidupan pribadi, kehidupan sosial dan segala hal yang berkaitan dengan dirinya. Oleh karena itu, manajemen diri menentukan bagaimana urusan seseorang dapat terselesaikan dengan baik maupun buruk. Nah berikut tanda jika kamu memiliki manajemen diri yang baik.

1. Memiliki perencanaan yang matang

pexels/pixabay

Seseorang yang manajemen dirinya baik, akan memiliki perencanaan yang matang. Dia mengetahui apa yang akan dilakukannya dalam satu hari, seminggu atau dalam kurun waktu tertentu. Perencanaan tersebut termasuk persiapan dalam mengantisipasi sesuatu di luar rencana, sehingga ketika ada hal yang tidak terduga, sudah dapat diatasi dengan baik.

2. Mampu mengelola emosi dengan tepat

Pexels/ElleHughes

Jika seseorang memiliki manajemen diri yang buruk, maka kesehariannya dalam mengurusi berbagai hal, akan mengalami kewalahan yang dapat menimbulkan stres. Selain itu menjadi beban dan terkesan berantakan dalam mengelola segala sesuatunya. 

Berbeda jika memiliki manajemen diri yang baik, dia akan mampu mengendalikan dirinya sehingga mampu mengelola emosi dengan tepat.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Dipermainkan oleh Emosimu Sendiri, Waspadalah!

3. Minim drama untuk hal sepele maupun besar

pexels/pixabay

Dia akan fokus pada memandang akar permasalahan dan solusinya. Hal ini membuatnya mengetahui dan menganalisis mana masalah yang sepele yang gampang untuk diselesaikan tanpa drama dan menyelesaikan masalah besar dengan mencari jalan keluar yang efektif.

4. Tidak menyalahkan orang lain

pexels/moosephotos

Seseorang dengan manajemen diri yang baik tidak akan menyalahkan orang lain karena hal yang tidak beres dengan dirinya atau urusan yang sedang dihadapinya. Dia akan melihat lagi ke dalam diri, sisi mana yang sekiranya bisa diatur dan diperbaiki lagi. 

Baca Juga: 5 Tanda bahwa Kamu Harus Segera Mengubah Mindsetmu

Verified Writer

Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya