TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kecerdasan Emosional Ini Harus Dimiliki, Ampuh Ringankan Diri!  

Hidup terasa lebih mudah dijalani jika memilikinya

Ilustrasi seorang perempuan (unsplash.com/Kaitlyn Pixley)

Ups and downs dalam hidup tentunya tidak luput dialami oleh setiap orang. Untuk menyeimbangkan hal itu, tentu dibutuhkan aspek secara emosional yang membantu dalam menyikapinya secara lebih bijaksana. Bagian inilah yang nantinya memberikan arahan dan pengajaran untuk tiap individu agar mampu bertahan dan melakukan sesuatu dengan lebih baik untuk hidupnya.

Walau terkadang sering dilupakan, nyatanya lima kecerdasan emosional ini mampu membantu kamu meraih kestabilan dan ketenangan dalam hidup.

 

1. Kesadaran dalam mengerti diri sendiri  

Ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/Falaq Lazuardi)

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesadaran diri memengaruhi beragam hal dalam hidup. Mulai dari hal sederhana seperti dapat mengerti bagaimana emosi dan perasaan yang dimiliki serta bagaimana pengaruhnya untuk orang lain.

Saat kamu mampu memanfaatkannya, tentu kontribusi yang besar akan didapat karena mampu mengendalikan diri dengan baik dan tahu bagaimana cara bersikap yang sesuai dengan tiap kondisi. Jika telah melakukan ini tentu kebahagiaan akan meliputimu!

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional, yuk Ubah Pelan-pelan

2. Empati yang kamu miliki pada orang lain  

Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Semua orang tentu bisa menjadi sangat keras kepala tidak peduli dengan siapapun. Agar tidak berlebihan, dibutuhkan kompromi dan empati untuk dapat mengerti bagaimana kondisi orang lain.

Melalui empati inilah kemudian kamu bisa jadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menyikapi orang lain. Positifnya akan banyak orang ada untukmu saat kamu memerlukan bantuan.

3. Kontrol dan disiplin pada diri sendiri  

Ilustrasi bekerja (unsplash.com/Thought Catalog)

Kehilangan aspek ini tentu memberikan pengaruh yang besar. Bukan tanpa alasan jika saat kontrol diri hilang, tentu semua orang akan bertindak semaunya tanpa memerhatikan atau mempertimbangkan aturan yang ada, yang malah membuat hidup jadi berantakan.

Dengan memiliki kontrol diri yang bagus tentunya kamu diuntungkan dengan kemampuan dalam mengendalikan hal-hal negatif yang ada pada dirimu hingga menemukan cara yang lebih baik dalam mengekspresikannya

4. Kemampuan dalam memotivasi diri sendiri 

Ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/JD Chow)

Terlihat mudah, namun nyatanya motivasi diri ini belum tentu mudah juga untuk dilakukan. Terkadang orang membutuhkan pihak lain dan pengakuan agar lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

Bersyukurlah bagi kamu yang memiliki motivasi internal dari dalam diri sehingga tidak membutuhkan orang lain untuk bisa mewujudkan apa yang menjadi tujuan hidupmu

Baca Juga: 10 Tanda Kamu Kurang Memiliki Empati, Ciri Kecerdasan Emosional Rendah

Verified Writer

Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya