TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Wajib Mendaki Gunung Meski Sekali Seumur Hidup

Yuk, agendakan dari sekarang!

Unsplash/Simon English

Mendaki gunung menjadi bagian dari hobi beberapa orang. Trek seganas apa pun bagi mereka bukan penghalang untuk mengurungkan niatnya hingga mencapai puncak ketinggian. Namun, tak sedikit pula yang gak memberanikan diri untuk mendaki dengan berbagai alasan.

Inilah, lima alasan mengapa kamu wajib mendaki gunung sekali seumur hidup meski itu bukan bagian dari hobimu.

1. Udara segar sudah sulit di dapatkan

unsplash.com/@hollymandarich

Udara saat ini terbilang sudah tidak bersahabat lagi dengan kita terlebih di kota-kota besar yang notabene mobilitas sangat tinggi. Udara segar yang amat berharga dan sulit di dapat saat diperkotaan, di pegunungan kamu begitu bebas menikmatinya, tanpa polusi sedikit pun.

Banyak banget manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menghirup udara segar, seperti; oksigen masih murni, meningkatkan sistem imun, meningkatkan energi dalam tubuh, menghilangkan stres dan mendapatkan ketenangan.

2. Menumbuhkan rasa solidaritas dan tanggung jawab

unsplash.com/@bradbarmore

Mendaki gunung dapat meningkatkan rasa solidaritas dan tanggung jawab dalam dirimu semakin besar. Sifat tersebut muncul secara alamiah. Tanpa pamrih, melihat teman yang kesulitan kamu menolongnya dan tanpa banyak mengeluh kamu konsisten berjuang untuk mengapai tujuan, puncak ketinggian.

Baca Juga: 5 Destinasi Liburan Terbaik untuk Pecinta Hiking, Kudu Mampir!

3. Melatih fisik dan mental

pexels.com/@pixabay

Ajang pembuktian, apakah fisikmu kuat dengan tantangan yang berat dan ajang pembuktian pula apakah kamu akan menyerah begitu saja dengan melihat trek yang dirasa sulit. Mendaki gunung menjadi media untuk menguji fisik dan mental kamu. 

Nah, dari sini pula kamu akan mendapatkan pembelajar hidup yang sangat berharga, mendaki gunung akan mengajarkan kamu gak menyerah begitu saja pada keadaan dan tetap fokus pada tujuan hingga tujuan tersebut tercapai.

4. Melihat indahnya dunia lebih jauh

instagram.com/mountaineering_indonesia

Bukan hanya sekadar photo-photo dengan berbagai spot yang indah. Lebih dari itu, mendaki gunung adalah pembelajaran berharga lantaran kamu berhasil melihat indahnya dunia yang belum tentu orang lain mampu melihatnya.

Baca Juga: 5 Spot Wisata yang Dekat dengan Gunung Merapi, Gak Perlu Mendaki

Verified Writer

Ineu Nursetiawati

Menulis adalah bekerja untuk keabadian بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya