TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membersihkan Noda Mentega yang Licin Pada Peralatan Masak

Pertimbangkan pemakaian air hangat

wajan dengan mentega (pixabay.com/StockSnap)

Noda mentega merupakan salah satu kotoran yang bisa membuat peralatan masak menjadi licin, khususnya jika bahan tersebut merupakan sisa-sisa dari pembuatan kue ataupun hidangan lainnya. Noda mentega sendiri memerlukan metode tersendiri agar bisa dihilangkan dari peralatan masak secara maksimal serta menghilangkan sensasi licinnya.

Untuk itu, kamu bisa menyimak lima tips membersihkan noda mentega yang licin pada peralatan masak berikut ini, supaya peralatan bisa digunakan dengan nyaman.

1. Pakai spons atau sikat terpisah

ilustrasi spons cuci piring (pixabay.com/-Rita-👩‍🍳 und 📷 mit ❤)

Seperti mencuci peralatan lainnya, pada metode juga memerlukan media seperti spons atau sikat agar kotoran tersebut menghilang dengan maksimal. Dalam hal ini akan jauh lebih baik apabila kamu menggunakan spons atau sikat terpisah dari peralatan yang tidak terkena noda mentega.

Hal itu karena mentega biasanya akan menempel pada spons atau sikat dan bisa mengotori peralatan lain sehingga akan sulit dibersihkan menggunakan air biasa. Maka dari itu, ketika kamu hendak membersihkan peralatan dengan noda mentega, sebaiknya spons atau sikatnya terpisah saja.

Baca Juga: 4 Perbedaan Gochujang dan Ssamjang, Kunci Cita Rasa Masakan Korea

2. Gunakan sabun yang cukup

ilustrasi tangan penuh sabun (pexels.com/Burst)

Karena mentega memiliki kandungan lemak yang tidak bisa luruh begitu saja menggunakan air biasa, maka diperlukan sabun yang cukup untuk membantu membersihkan noda tersebut. Di sini, kamu bisa menggunakan sabun apapun yang dikhususkan untuk mencuci piring, tetapi akan jauh lebih baik jika sabun tersebut memang memiliki formulasi untuk menghilangkan lemak yang sulit dibersihkan seperti noda mentega.

Dengan demikian, kamu bisa memperoleh peralatan masak yang bersih seperti sediakala tanpa terasa greasy karena sisa-sisa mentega yang masih menempel. Tentunya, hal ini juga perlu didukung dengan kemampuan kamu dalam menjangkau bagian-bagian alat masak dengan baik, supaya semua sudut bersih maksimal.

3. Pertimbangkan penggunaan air hangat

ilustrasi air mengalir (pexels.com/Kaboompics .com)

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa noda mentega tidak jarang sulit sekali dibersihkan menggunakan air biasa. Hal tersebut membuat kamu perlu mempertimbangkan penggunaan air hangat untuk membilas ataupun mencuci peralatan masak yang terkena noda mentega tersebut.

Hal ini akan membantu membuat sisa-sisa mentega ini lebih mudah bersih karena perlahan-lahan bisa mencair. Dengan demikian, kamu bisa membersihkannya menggunakan sabun tanpa merasa berminyak di tangan maupun media spons atau sikat yang digunakan.

4. Taburi soda kue

ilustrasi baking soda (pixabay.com/NatureFriend)

Seperti diketahui, soda kue merupakan salah satu bahan dapur yang bisa membantu membersihkan banyak peralatan. Dengan begitu, bahan ini bisa digunakan untuk mencuci piring ataupun peralatan masak yang terkena noda mentega secara maksimal.

Bahan satu ini juga bisa ditaburi ke setiap peralatan masak, kemudian ditunggu selama beberapa saat sebelum mencuci dan membilasnya. Penggunaan soda kue juga bisa membantu menghilangkan kerak noda mentega yang terbakar pada peralatan masak, sehingga hasilnya jadi jauh lebih bersih.

Baca Juga: 5 Serba-serbi Galantin, 'Daging Steik' ala Solo Makanan Para Bangsawan

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya