TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Perlu Muluk-muluk, 4 Aksi Ini Buktikan Kamu Sadar Lingkungan

Jangan bisanya ngeluh panas aja

Shutterstock/Nikolay Litov

Pas lagi baca judul ini, pasti kamu rasanya udah bosen ‘kan denger topik ini? Come on guys, jangan berubah jadi orang yang apatis. Meski terkesan sepele, tapi faktanya masih banyak orang yang gak peduli dengan masalah ini. Bahkan ujung-ujungnya mereka bakalan ngeluh dengan cuaca yang selalu panas. Daripada hanya mengeluh, mendingan kamu lakuin beberapa aksi berikut ini deh.

1. Mulai pilah sampah

Shutterstock/photographeeeu

Kamu yang udah biasa buang sampah pada tempatnya, sekarang coba biasakan pilah sampah berdasarkan jenisnya ya, guys. Ini sangat membantu dalam proses pembauran sampah itu sendiri. Nah, kalau sudah dipilah, pasti bakal digabung lagi kan sama tukang sampah? Guys, jangan berikan sampah yang sudah kamu pilah itu ke tukang sampah. Karena mereka akan mengirim ribuan ton sampah itu ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah) yang malah mengakibatkan kerusakan pada tanah dan pencemaran udara.

Untuk itu, jadikan sampah organik itu untuk pupuk tanaman kamu. Nah, kalau sampah anorganiknya berikan kepada komunitas daur ulang sampah, guys. Biar mereka mengkreasikan sampah tersebut menjadi barang-barang cantik.

2. Biasakan budaya paperless

Shutterstock/Little Pig Studio

Belakangan ini, sepertinya hampir sebagian perusahaan, sekolah atau pun instansi lainnya udah menerapkan budaya paperless. Mungkin sebelumnya, kita harus mengandalkan kertas untuk mencatat sebuah dokumen penting. Tapi kini semua sudah berbasis online. Kalau emang bisa diminimalisir, kenapa harus pakai kertas terus? 

3. Gunakan sapu tangan dibandingkan tisu

Shutterstock/deineka

Kamu di tim mana nih guys, tim tisu atau tim sapu tangan? Coba deh pelan-pelan kamu mulai kurangi penggunaan tisu dalam keseharianmu. Kenapa? FYI, tisu yang selama ini kamu pakai menggunakan bahan dasar kayu yang tentunya didapat dari hasil penebangan pohon. Jadi semakin banyak kamu menggunakan tisu, tanpa sadar ternyata kamu sudah merusak lingkunganmu sendiri.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya