TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Ini Buktikan Bahwa Kamu Belum Mampu Keluar dari Rasa Gak Enakan

#IDNTimesLife Orang lain bisa makin seenaknya ke kamu, lho!

ilustrasi pertemanan (unsplash.com/Kendyle Nelsen)

Memiliki kebiasaan merasa tidak enakan dengan orang lain bisa menjadi hal yang positif, lantaran hal tersebut menunjukkan kebaikan yang ada di dalam dirimu. Namun, kebiasaan demikian juga dapat menyerangmu secara tidak langsung ketika kamu terus-terusan melakukannya tanpa melihat konteks kondisi dan situasi yang ada. Jika hal itu terjadi, justru orang lain bisa berlaku seenaknya terhadapmu.

Sejatinya kebiasan merasa gak enakan dengan orang lain harus segera dikurangi. Lantaran akan mendatangkan risiko untuk ke depannya. Namun, menguranginya juga bukan persoalan yang mudah. Sebab kebanyakan orang cenderung sudah melekat dengan kebiasaan tersebut. Berikut lima hal yang membuktikan jika kamu juga belum mampu keluarga dari perasaan tidak enakan.

1. Kamu tidak mampu berkata "tidak" kepada orang lain

ilustrasi orang ngobrol (unsplash.com/Eliott Reyna)

Rasa gak enakan yang selama ini kamu alami cenderung membuatmu enggan dalam menolak kemauan orang lain. Kamu tak tega melihat kekecewaan orang lain akibat penolakanmu itu.

Sehingga kamu sering berusaha untuk memuaskan permintaan mereka meski sebenarnya kamu juga tak yakin apakah kamu bisa melakukannya. Karena tak ada pilihan lagi, maka terkadang kamu rela melakukan hal di luar yang kamu inginkan dengan dalih "tidak enak". 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Sering Bikin Orang Asing Heran

2. Kamu lebih sering menyetujui pendapat orang lain meskipun bertentangan dengan hati

ilustrasi orang mengobrol (unsplash.com/kevin laminto)

Saking gak enaknya kamu dengan orang lain, kamu sering menyetujui pendapat orang lain yang terkadang tidak sefrekuensi denganmu. Kamu melakukannya dengan menggunakan alasan untuk menghargai argumennya. Padahal tingkah demikian hanya akan membuatmu tidak nyaman lantaran kamu secara tidak langsung sudah berdusta pada diri sendiri.  

3. Kamu cenderung banyak mengalah demi orang lain

ilustrasi orang mengobrol (unsplash.com/Trung Thanh)

Merasa gak enak dengan orang lain kerap membuatmu harus mengalah dengan mereka. Meski pada saat itu kamu bertindak dan berkata benar sekali pun. Sebab kamu memiliki kecenderungan untuk menghindari konflik yang muncul apabila tak ada yang mau membendungnya dengan mengalah. Namun perlu kamu tahu, bahwa sikap demikian terkadang dapat membuatmu diperlakukan seenaknya oleh orang lain.

4. Kamu cenderung kurang tegas pada diri sendiri

ilustrasi orang mengobrol (unsplash.com/Andrea Tummons)

Tak bisa dipungkiri jika rasa gak enakan kepada orang lain kerap membuatmu terlihat kurang dominan di hadapan orang mereka. Hal itu salah satunya disebabkan lantaran kamu selalu merasa terbebani dengan risiko yang akan terjadi tetika kamu bilang 'tidak' pada mereka. Sehingga kamu cenderung berperan sebagai pengikut orang lain saja, tanpa berani bersuara. Hal demikian dapat terjadi lantaran bermula dari ketidaktegasan terhadap dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Membiarkan Diri Menderita karena Ucapan Orang Lain

Verified Writer

Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya