TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap Sepele yang Bikin Kamu Diabaikan dan Gak Dihargai

Dari hal sepele seperti tidak memberikan senyuman, bisa berakibat fatal!

ilustrasi perempuan tidak dihargai (pexels.com/Christian Muñoz)

Sebagaimana kalimat yang kerap kita dengar, jika ingin dihargai orang lain maka kamu juga harus menghargainya. Kalimat tersebut seolah memberikan ruang pada diri kita untuk mencoba melihat lebih dalam terhadap diri sendiri, apakah keinginan kita untuk dihargai sudah sebanding dengan sikap kita yang mampu menghargai orang lain?

Nah, jangan hanya menginginkan untuk dihargai saja, namun juga tempatkan dirimu untuk bisa bersikap baik pada orang lain, agar mereka juga merasa dihargai. Karena kemungkinan besar, sikapmu yang kurang berkenan bisa menjadi penyebab orang lain abai terhadapmu.

Untuk itu, kamu perlu hati-hati dalam bersikap, salah satunya dengan menghindari lima sikap berikut yang bisa bikin kamu gak dihargai dan diabaikan oleh orang lain.

1. Menganggap setiap omongan orang lain sebagai angin lalu

ilustrasi dua perempuan mengobrol (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Jangan menganggap, bahwa pendapat kamu yang sepenuhnya benar. Karena hal tersebut akan membuatmu tidak mendengarkan omongan atau masukan dari orang lain.

Nah, perlakuanmu yang kerap menganggap omongan orang lain sebagai angin lalu dapat memicu sikap mereka enggan menghargaimu, bahkan bisa saja mengabaikanmu.

2. Tidak mengapresiasi pemberian dari orang lain 

ilustrasi perempuan menolak (pexels.com/Trung Nguyen)

Mengapresiasi pemberian orang lain menjadi suatu bentuk bahwa kamu menghargainya. Jangan karena kamu tidak menyukai barang tersebut, lantas membuatmu menolak pemberiannya.

Hal tersebut justru bisa membuat mereka merasa sakit hati dan hilang respek terhadapmu. Maka, jangan melihat pemberiannya sebagai sebuah barang, namun lihat pemberiannya sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang dari mereka untukmu.

Baca Juga: 5 Hal yang akan Terjadi kalau Kerja Keras Seseorang Tidak Dihargai

3. Menganggap remeh setiap usaha atau kerja keras orang lain

ilustrasi seorang perempuan (pexels.com/Jermaine Ulinwa)

Sejatinya, di balik pencapaian dari seseorang, selalu ada usaha keras yang dikerahkan oleh mereka. Sehingga, sudah selayaknya kita mengapresiasi apa yang mereka lakukan dalam rangka mencapai mimpinya. Karena belum tentu, kita bisa seperti mereka ketika berada di posisi demikian.

Namun, ketika kamu enggan mengapresiasi kerja keras orang lain, maka siap-siap saja untuk mendapat perlakuan serupa, mungkin bukan dari orang yang bersangkutan, namun bisa jadi dari orang lain di kemudian hari.

4. Kurang bersimpati terhadap suka duka kehidupan orang lain

ilustrasi perempuan tidak dihargai (pexels.com/Christian Muñoz)

Tindakan kamu yang gak mau mencoba untuk merasakan suka duka dari orang lain, akan membuatmu menjadi orang yang cuek dengan lingkunganmu.

Sebab, kamu gak bisa merasakan kesedihan yang mereka alami, atau ikut senang terhadap kebahagiaan yang berhasil mereka raih. Sikap demikian juga bisa memberikan kesempatan bagimu untuk diabaikan oleh orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Dia Bersikap Acuh walau Kamu Banyak Berjuang untuknya

Verified Writer

Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya