TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rahasia Kerja Efektif, Terhindar dari Kebiasaan Menunda!

Kerja efektif membuat kamu lebih produktif

ilustrasi pria bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bekerja efektif merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam karir maupun kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali kita terjebak dalam rutinitas dan kebiasaan yang tidak produktif, sehingga menghambat produktivitas dan kinerja kita.

Banyak hal yang sering memengaruhi konsistensi kamu dalam bekerja. Dalam artikel ini, akan dibahas lima tips bekerja efektif yang bisa membantu meningkatkan kinerja dan produktivitas kamu.

1. Rencanakan dan prioritaskan tugas kamu

ilustrasi rapat (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebelum memulai hari kerja, buatlah rencana atau daftar tugas yang harus diselesaikan. Prioritaskan tugas berdasarkan tingkat kepentingannya dan deadline-nya.

Hal ini akan membantu kamu fokus pada tugas yang benar-benar penting dan meminimalisir risiko terlambat atau tidak tercapainya target. Pastikan kamu benar-benar menjaga komitmen dengan rencana kerja yang telah kamu buat.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Produktif Selama Libur Lebaran, Jangan Cuma Mager!

2. Kelola waktu dengan baik

ilustrasi berbicara di depan umum (pexels.com/RF._.studio)

Manajemen waktu yang efektif adalah kunci untuk bekerja dengan efisien. Buatlah jadwal yang jelas dan realistis, sesuaikan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu dan pastikan kamu mengikuti jadwal tersebut.

Hindari pemborosan waktu pada hal-hal yang tidak produktif seperti mengecek media sosial atau browsing hal-hal yang tidak terkait pekerjaan. Komitmen dan disiplin pada semua hal yang telah kamu susun adalah faktor utama menentukan efekfitivas waktumu.

3. Tetap fokus

ilustrasi berbicara di depan umum (pexels.com/fauxels)

Tetap fokus pada tugas yang sedang dikerjakan dan jangan terganggu oleh hal-hal lain. Hindari multitasking, karena ini hanya akan membuang waktu dan mengurangi kualitas pekerjaan kamu.

Fokus pada satu tugas pada satu waktu akan memungkinkan kamu menyelesaikan tugas tersebut dengan lebih cepat dan lebih efisien. Menyelesaikan satu pekerjaan lebih cepat, membuatmu bisa melanjutkan dengan pekerjaan lain sehingga kamu lebih produktif.

4. Hindari penundaan

ilustrasi rapat (pexels.com/fauxels)

Prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan adalah musuh dari produktivitas. Jangan menunda-nunda tugas yang sulit atau tidak menyenangkan, sebaiknya selesaikan tugas tersebut secepat mungkin.

Selesaikan tugas-tugas yang sulit terlebih dahulu, sehingga kamu dapat merasa lega dan fokus pada tugas-tugas yang lebih ringan. Terbiasa menyelesaikan pekerjaan dengan disiplin tinggi, akan membentuk karaktermu yang kuat.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan untuk Mengisi Waktu Libur, Seru dan Produktif

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya