TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Putus Asa, Jangan Berhenti Berproses!

Jika kamu lelah, beristirahatlah

ilustrasi wanita kelelahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perasaan putus asa bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, terutama ketika menghadapi situasi sulit dan tantangan hidup. Meskipun normal untuk merasakan perasaan ini, namun ketika tidak ditangani dengan tepat, perasaan putus asa dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Oleh karena itu, berikut ini adalah lima tips untuk mengatasi perasaan putus asa.

1. Fokus pada hal-hal yang dapat dikendalikan

ilustrasi bersama rekan (pexels.com/Yan Krukau)

Saat merasa putus asa, mungkin terasa sulit untuk melihat harapan atau kemungkinan perbaikan. Oleh karena itu fokuslah pada hal-hal yang masih bisa dikontrol seperti rutinitas harian, aktivitas fisik, dan hubungan interpersonal.

Melakukan hal-hal kecil ini dapat membantu memulihkan kepercayaan diri dan memberikan perasaan pencapaian kecil yang dapat membangkitkan semangat.

Baca Juga: 7 Tips agar Tak Lagi Mudah Putus Asa, Kegigihan Bisa Dipelajari

2. Bicaralah dengan seseorang

ilustrasi wanita sedang ngobrol(pexels.com/Edmond Dantès)

Terkadang, terlalu banyak menyimpan perasaan putus asa dalam diri dapat memperburuk situasi. Cobalah untuk membicarakan perasaan kamu dengan orang terdekat, seperti teman atau keluarga.

Berbicaralah dengan jujur dan terbuka. Jangan merasa malu atau tidak percaya diri. Mendapatkan dukungan dari orang yang dicintai dapat membantu mempercepat proses pemulihan.

3. Tetap aktif secara fisik

ilustrasi wanita melepaskan kesedihan (pexels.com/Jill Wellington)

Olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan endorfin di dalam tubuh yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Cobalah untuk mengambil jeda sejenak dari situasi yang membuat kamu merasa putus asa dengan berolahraga atau berjalan-jalan di luar ruangan.

Melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu mengalihkan pikiran dan membantu memperbaiki suasana hati.

4. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

ilustrasi bekerja (pexels.com/Chevanon Photography)

Perasaan putus asa dapat memicu perasaan malu, kekecewaan, dan kemarahan terhadap diri sendiri. Namun penting untuk diingat bahwa semua orang pernah mengalami kegagalan dan situasi sulit dalam hidup mereka.

Jangan biarkan perasaan negatif ini mempengaruhi cara kamu melihat diri sendiri. Cobalah untuk memperlakukan diri sendiri dengan kasih sayang dan perhatian, seperti yang kamu lakukan pada seseorang yang kamu cintai.

Baca Juga: 5 Cara Menyemangati Diri Sendiri Biar Full Energi Positif, Semangat! 

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya