TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Harus Cari Rezeki Halal, Biar Berkah!

Kunci hidup aman dan tenang

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ada banyak cara mendapatkan uang untuk menghidupi kehidupan sehari-hari. Namun kadang beberapa orang gak terlalu memikirkan halal atau tidaknya. Yang penting mendapatkan banyak uang dan bisa hidup mewah. Gak heran kalau sampai menghalalkan banyak cara seperti menipu, riba, mencuri sampai korupsi. Padahal sudah banyak petuah yang bilang, apa yang kamu tanam itulah yang kamu tuai.

Yup, apapun bentuk kejahatannya, pasti ada balasan. Begitu juga jika berbuat kebaikan. Daripada kaya sebentar tapi menderita seumur hidup, mulai sekarang mulai cari rezeki dengan cara halal saja, yuk. Simak lima alasannya di bawah ini deh biar makin paham!

1. Menghindari masalah yang akan terjadi di masa depan

ilustrasi marah (pexels.com/Rodnae Productions)

Dengan menghindari kejahatan seperti mencuri, pencucian uang, dan korupsi, kamu sudah mengambil langkah yang tepat. Mendapat keuntungan dan penghasilan yang melimpah memang menyenangkan. Tapi kalau dari cara yang haram, sama saja bohong. Cepat atau lambat, kejahatan itu pasti terungkap, lho.

Ini juga akan berdampak pada keluargamu kedepannya. Sanksi sosial seperti dikucilkan, jadi bahan gosip hingga sulit diterima masyarakat itu betulan ada lho. Jadi, jangan sampai kejahatan yang kamu lakukan sendiri malah berdampak pada anak, cucu, pasangan dan orangtuamu, ya.

2. Cari rezeki halal agar hidup tenang

ilustrasi rezeki (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dengan mencari uang halal, hidupmu juga akan lebih tenang karena gak dihantui rasa bersalah dan takut ketahuan. Karena pengungkapan dana gelap dan korupsi itu memang kadang gak terduga. Tiba-tiba sudah ada laporan dan banyak bukti. Ini bikin kamu harus waspada dan merasa was-was setiap saat.

Bahkan meski sudah bermain rapi dan cerdik pun, yang namanya kebohongan pasti terungkap. Daripada hidup bergelimang harta tapi hidup gak tenang, ya buat apa? Pikirkan hal ini baik-baik, guys.

Baca Juga: 7 Tanaman Pembawa Rezeki Tertulis di Dalam Alquran, Kaya Manfaat

3. Gak dicurigai banyak orang

ilustrasi curiga (pexels.com/Yan Krukov)

Setiap dana perusahaan, kantor, dan organisasi pasti ada kalkulasi dan datanya. Apalagi kalau kamu bekerja di suatu lembaga atau divisi yang berkaitan dengan keuangan. Kamu akan terus-terusan dicurigai oleh masyarakat jika kamu hidup mewah dan punya banyak uang. Kalau kamu memang bekerja jujur, itu tandanya ujian. Tapi kalau kamu memanipulasi uang, siap-siap kamu akan dicurigai banyak orang dan kebohonganmu akan terungkap.

Inilah pentingnya kalkulasi dan data keuangan. Bagaimana pun kamu memanipulasi nya, pasti akan ketahuan. Mungkin gak sekarang, tapi suatu saat pasti terungkap. Yakin kamu bakal hidup tenang kalau setiap hari dihantui curiga sama orang sekitar?

4. Berbuat jahat akan mendapatkan dosa dan balasan

ilustrasi bangkrut (pexels.com/Mikhail Nilov)

Meski jumlahnya sedikit, yang namanya jahat tetap saja jahat. Dalam agama pun disebutkan bahwa berbuat jahat seperti mencuri, riba, dan menipu adalah tindakan berdosa dan gak diridhoi oleh Tuhan. Inilah maksud dari rezeki yang tidak berkah, tidak ada kebaikan di dalamnya. Kamu juga berpotensi mendapatkan karma atau hukuman dikemudian hari.

Nah, mumpung belum terlambat, yuk segera perbaiki diri dan bertaubat. Berdoalah kepada Tuhan agar diberikan petunjuk dan rezeki yang berkecukupan. Dengan begitu, hidupmu pun akan jadi lebih tenang.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Berbagi Rezeki, Ringankan Beban Sesama

Verified Writer

Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya