TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang Introvert

Nyatanya introvert tidak semembosankan itu lho!

unsplash.com/Christopher Campbell

Introvert seakan menyimpan berjuta rahasia yang menarik untuk dipecahkan. Selain karena betapa uniknya kepribadian ini, masyarakat juga seperti dibuat kesulitan untuk memahami tipe kepribadian introvert.

Tak jarang, karena hal tersebut berbagai opini pun bermunculan,  bahkan hingga menjadi stereotipe di masyarakat. Padahal sebenarnya, beberapa stereotipe yang dipercaya masyarakat juga belum tentu sesuai dengan kenyataannya. 

Berikut ini adalah 5 stereotipe keliru  yang sering dikaitkan dengan orang-orang berkepribadian introvert. Yuk simak penjelasannya! 

1. Introvert sulit untuk diajak kerjasama

Pixabay/Free-Photos

Stereotipe yang paling sering muncul terkait dengan orang-orang introvert adalah mereka sulit diajak kerjasama. Padahal ini adalah anggapan yang sangat salah. Mungkin stereotipe ini muncul karena sifat introvert yang relatif pendiam, sehingga terkesan sangat sulit untuk mengajaknya berbicara atau bahkan menjalin kerja sama.

Perlu diluruskan, bahwa dalam bekerja sama, orang introvert akan sangat bertanggung jawab pada tugasnya. Mereka juga tergolong sebagai pemikir yang kreatif, sehingga mudah bagi orang introvert untuk menemukan sebuah gagasan baru yang mungkin sangat berguna dalam urusan kerja samanya dengan orang lain. 

Baca Juga: 8 Sikap Bijaksana yang Ada Dalam Diri Seorang Introvert, Kamu Punya?

2. Introvert tidak bisa diandalkan

unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Seringkali orang-orang menganggap remeh kemampuan introvert, sehingga banyak di antara mereka yang mungkin akan berpikir ulang untuk mempercayakan tugas atau suatu urusan kepada orang introvert. Padahal yang sebenarnya adalah sangat bertentangan.

Orang introvert memiliki kreativitas yang sangat tinggi, bahkan kemampuannya berpikir bisa jauh lebih kritis dari kebanyakan orang. Mereka juga memiliki caranya sendiri dalam menyelesaikan urusan, bahkan bisa sangat rapi ketika melakukan suatu pekerjaan.

3. Introvert adalah pribadi yang membosankan

Pixabay/nastya_gepp

Ini adalah stereotipe yang paling sering melekat pada diri seorang introvert. Padahal sebenarnya, jika seseorang sudah benar-benar dekat dan mengenal dengan baik orang introvert, mereka akan mengetahui bahwa orang introvert bisa menjadi pribadi yang menyenangkan.

Bahkan mereka juga bisa menjadi sosok yang periang. Hanya saja, sifat itu akan muncul jika saat introvert sedang bersama orang-orang terdekatnya atau orang yang dianggap nyaman untuk berteman dengannya.

4. Introvert tidak cocok untuk jadi pemimpin

unsplash.com/Maranatha Pizarras

Rupanya masih banyak orang yang meragukan kemampuan introvert dalam hal kepemimpinan. Padahal akan ada banyak poin lebih yang didapat jika introvert menjadi seorang pemimpin. Salah satunya adalah sifat mereka yang pemikir serta kritis dalam segala hal.

Mereka juga orang yang fokus terhadap tujuan dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Terbukti banyak loh tokoh-tokoh pemimpin terkenal yang memiliki kepribadian introvert tetapi sukses dalam kepemimpinannya. Misalnya saja Bill Gates dan Mahatma Gandhi. 

Baca Juga: 10 Fakta Mengejutkan Soal Introvert dan Ekstrovert, Sudah Tahu?

Writer

Mochamad Dohan

Do what is right, not what is easy nor what is popular

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya