TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kalau Kamu Memiliki Kesehatan Mental yang Baik

Jangan anggap sepele kalau merasa stres ya...

Pexels/bruce mars

Mungkin bagi sebagian orang masih menganggap bahwa pembahasan kesehatan mental adalah hal yang tabu untuk dibicarakan. Banyaknya orang yang menkaitkan kondisi 'gangguan jiwa' atau sejenisnya dengan pembahasan terkait kesehatan mental memicu munculnya stigma negatif di masyarakat sehingga terkesan tabu untuk dibahas.

Padahal kesehatan mental merupakan suatu hal penting yang harus dipahami semua orang. Kondisi kesehatan mental yang buruk bisa memicu keadaan yang serius bagi seseorang. Untuk itu, penting mengenali kondisi kesehatan mental diri sendiri agar terhindar dari suatu hal yang berisiko. Berikut adalah 5 tanda bahwa kamu memiliki kondisi kesehatan mental yang baik.

1. Jiwa optimisme yang tinggi

Pexels/bruce mars

Optimisme dalam diri bisa menunjukkan kondisi kesehatan mentalmu saat itu lho! Adanya hubungan antara optimisme dengan semangat menjalani hidup bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan mental seseorang. Untuk itu, orang dengan optimisme yang cukup tinggi menjadi pertanda bahwa seseorang memiliki kesehatan mental yang baik.

Baca Juga: 6 Pola Pikir Ini Harus Dimiliki Jika Ingin Hidupmu Lebih Positif

2. Kemampuan kendali diri yang baik

Pexels/bruce mars

Kondisi kesehatan mental seseorang juga bisa diukur melalui kemampuan dalam mengendalikan diri. Hal ini berkaitan dengan sikap seseorang dalam menghadapi masalah yang menimpanya. Seseorang dengan kesehatan mental yang baik, akan mampu mengendalikan diri dari hal-hal yang di luar batas ketika mereka mendapatkan masalah yang cukup serius.

3. Jarang merasa stres

Pexels/Pixabay

Stres merupakan kondisi yang wajar dan sering dialami seseorang ketika mendapatkan suatu masalah, baik karena beban pekerjaan atau persoalan hidup lainnya. Namun bukan berarti orang yang jarang merasa stres adalah orang yang tidak pernah dilanda masalah.

Hanya saja, mereka yang jarang merasa stres memiliki cara yang berbeda dalam menanggapi suatu masalah, misalnya saja tidak memikirkan suatu masalah secara berlebihan. Hal tersebut juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang memiliki kesehatan mental yang baik.

4. Mudah bangkit dari keterpurukan

Pexels/Rulan Zzaebok

Mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental yang baik akan dengan mudah bangkit dari keterpurukan. Hal ini dikarenakan orang-orang dengan kesehatan mental yang baik rata-rata memiliki tingkat optimisme yang tinggi serta mereka mampu untuk mengendalikan diri ketika menghadapi suatu kegagalan atau bahkan peristiwa yang menyakitkan.

Baca Juga: 6 Penyesalan yang Akan Kamu Rasakan Jika Selalu Overthinking

Writer

Mochamad Dohan

Do what is right, not what is easy nor what is popular

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya