TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Batik Nasional, Ini Kreator Lokal yang Wajib Diketahui

Selamat Hari Batik!

usplash/agto nugroho

Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO menetapkan hari tersebut sebagai momen ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi.

Memang, batik sudah menjadi bagian penting dari sejarah kebudayaan Indonesia. Selain sebagai identitas nasional, kain yang dilukis dengan canting dan cairan lilin malam ini juga memiliki nilai seni budaya yang tinggi. Ragam desain, corak, dan motif kain batik merepresentasikan budaya Indonesia yang bebeda-beda.

Kamu senang mengenakan batik? Untuk menyambut Hari Batik Nasional, yuk kita simak kreator-kreator lokal batik berikut ini! 

1. Warangka Batik

instagram/warangkabatik

Warangka Batik didirikan pada tahun 2015 untuk mempromosikan warisan Indonesia ke dalam industri fashion dengan desain berkelas, modern, dan bijaksana. Salah satu ciri khas Warangka Batik adalah mengubah kain batik menjadi pakaian sehari-hari wanita yang minimalis modern, namun klasik dan mudah dipakai.

Ryxzy Joehana (Creative Director Warangka Batik) menjelaskan bahwa merek ini berusaha menciptakan desain batik modern yang terlihat up to date, namun tetap memiliki sentuhan Indonesia. Hal ini tidak hanya untuk melestarikan budaya, tapi juga menanamkan nyawa dari batik terhadap anak cucu di masa mendatang.

2. Rianty Batik

instagram.com/riantybatik.jkt

Rianty Batik adalah merek yang diusung pengusaha lokal Yogyakarta, Aditya Suryadinata. Meskipun berasal dari Yogyakarta, brand ini sudah dikenal di kancah internasional. Tak hanya batik dari Yogyakarta, Rianty Batik kini telah bekerja sama dengan ribuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) batik di berbagai daerah.

Menurut Aditya, Rianty Batik terinspirasi dari warna-warna kehidupan dan berbagai bentuk keindahan nusantara. Apabila batik umum dipakai untuk acara formal, kita bisa dengan santai mengenakan Rianty batik untuk kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Padu Padan Batik ala Chelsea Islan yang Bisa Jadi Inspirasimu

3. Kencana Pajajaran

instagram.com/kencanapajajaran

Kencana Pajajaran didirikan tahun 2013 oleh Affandi Setiawan, kreator lokal batik asal Bandung, Jawa Barat. Gak hanya batik asal Bandung saja, Kencana Pajajaran turut menggandeng perajin lokal batik asal Cirebon, Solo, dan Pekalongan untuk mengembangkan usaha.

Produk yang ditawarkan Kencana Pajajaran pun beragam. Mulai dari koleksi kemeja, blouse, celana, hingga baju anak. Affandi menjelaskan bahwa Kencana Pajajaran hadir dengan tema Beauty in Diversity. Batik diharapkan dapat menjadi lini fashion yang mengikuti perkembangan zaman tanpa mengubah pakem fondasi pembuatan batik itu sendiri. 

4. Asana Batik

instagram/asanabatik

Asana Batik memiliki spesialisasi pada pakaian dan aksesoris batik kontemporer. Brand ini menggunakan bahan pilihan dengan kualitas premium yang melalui proses produksi canggih untuk memastikan produk indah dan awet.

Direktur Asana Batik, Melly Novita menjelaskan Asana Batik terinspirasi dari keindahan dan tekstur kain tradisional Indonesia yang beragam. Seperti brand lainnya, Asana Batik juga mengombinasikan gaya modern dengan sentuhan tradisional untuk membuat style batik lebih inovatif.

Baca Juga: Inspirasi OOTD Kekinian dengan Batik Marunda, Fashionable & Berwarna

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya